Dark/Light Mode

Tingkatkan Kerja Sama Investasi dan Pariwisata RI-China, KBRI Beijing Gelar Forum Bisnis

Sabtu, 21 September 2019 22:41 WIB
Penandatanganan 9 Mou Kerja Sama antara Pengusaha Indonesia dan China. (Foto: KBRI Beijing)
Penandatanganan 9 Mou Kerja Sama antara Pengusaha Indonesia dan China. (Foto: KBRI Beijing)

RM.id  Rakyat Merdeka - KBRI Beijing kembali menyelenggarakan "Indonesia-China Business Forum on Investment and Tourism 2019" pada Rabu (18/9) di Four Seasons Hotel Beijing.

Forum Bisnis bertema "Doing Business with Wonderful Indonesia" yang dihadiri lebih dari 200 pelaku usaha China dan Indonesia itu, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kerja sama investasi dan pariwisata Indonesia-China. Selain itu, juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Baca juga : Tingkatkan Layanan Buat Pelanggan, PLN Gelar Promo Diskon 50 Persen Untuk Tambah Daya

Dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk Republik Rakyat China (RRC) Djauhari Oratmangun mengatakan, pelaksanaan Forum Bisnis merupakan upaya KBRI Beijing untuk aktif mempromosikan kerja sama ekonomi, dengan negara mitra sejalan dengan arahan Presiden Jokowi.

"China merupakan salah satu mitra penting bagi Indonesia di bidang kerja sama perdagangan, investasi dan pariwisata. Saat ini, hubungan bilateral RI-RRC juga telah mencapai level Strategic Comprehensive Partnership," ujar Dubes Djauhari.

Baca juga : Tingkatkan Ekspor, Kementan Buat Rumusan dan Harmonisasi Standar Indo-Gap

Sementara itu, dalam sambutannya, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Desra Percaya mengatakan, selain komitmen untuk lebih memperkuat hubungan bilateral RI-RRC, khususnya bidang ekonomi, Indonesia juga akan terus melanjutkan upaya untuk mensinergikan Visi Poros Maritim Dunia RI dan Belt and Road Initiative RRC.

Narasumber dalam Forum Bisnis berasal dari BP Batam, PT Wijaya Karya (Persero), Xiaomi Inc, Gabungan Pengusaha Jamu, dan Kementerian Pariwisata.

Baca juga : Tingkatkan Mutu dan Layanan Perkeretaapian, KAI Fokus Bangun SDM

Di sela-sela Forum Bisnis, juga telah dilaksanakan penandatanganan 9 MoU kerja sama antara pengusaha Indonesia dan China. Antara lain di sektor investasi pembangunan mesin diesel, mesin pertanian dan suku cadang maupun pemasaran produk obat-obatan tradisional Indonesia di Tiongkok.

Forum Bisnis dilanjutkan dengan sesi networking dan one-on-one business meeting antara pelaku usaha kedua negara, yang berminat menjajaki kerja sama lebih mendalam. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.