Dark/Light Mode

Tingkatkan Integritas, Balai Kesehatan Kemenhub Masuk Zona Bebas Korupsi

Senin, 29 Juli 2019 17:48 WIB
Balai Layanan Umum Balai Kesehatan Penerbangan Kemenhub. (Foto: Humas Kemenhub)
Balai Layanan Umum Balai Kesehatan Penerbangan Kemenhub. (Foto: Humas Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Balai Layanan Umum Balai Kesehatan Penerbangan (Balai Hatpen), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuktikan unit kerjanya bebas dari korupsi. Hal ini terlihat dari Balai Hatpen Kemenhub yang masuk dalam nominasi predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Kepala Balai Hatpen Kemenhub, Sri Murani Ariningsih, mengatakan bahwa untuk meraih predikat tersebut pihaknya melakukan pencanangan zona integritas, penandatanganan bersama zona integritas, dan pakta integritas, oleh seluruh jajarannya. Hal ini juga disosialisasikan BLU Balai Hatpen kepada para pemangku kepentingan (stakeholders), antara lain, operator penerbangan, sekolah penerbangan, perusahaan pengelola bandara, AirNav Indonesia, dan instansi atau masyarakat yang terkait dengan dunia aviasi.

Baca juga : Setan Merah Tolak Neymar Jr

"Dalam mewujudkan zona integritas dan siap WBK, kami berkomitmen memberikan pelayanan Prima (Profesional, Responsibility, Integritas, Mandiri, Akuntabel) tanpa korupsi, kolusi, dan nepotisme," katanya, di Jakarta Senin (29/7).

Dalam pencanangan zona integritas, BLU Balai Hatpen secara intensif memberikan arahan kepada seluruh karyawan, termasuk honorer. Saat ini, BLU Hatpen memiliki total 131 karyawan, terdiri dari 22 tenaga medis, 21 tenaga keperawatan, tiga tenaga kefarmasian, empat tenaga kesehatan lingkungan, seorang tenaga keterapian fisik, dua tenaga keteknisian medis, 13 tenaga teknik biomedika, serta 65 tenaga non medis. Dari 131 karyawan itu, 87 orang karyawan BLU aparatur negara sipil (ASN) dan 44 non ASN.

Baca juga : Sekjen DPD Genjot Tingkatkan Kualitas Layanan dan Reformasi Birokrasi

Sebelumnya, BLU Balai Hatpen sudah melakukan deklarasi bahwa lingkungan kerjanya merupakan wilayah bebas dari korupsi. Dilakukan juga penandatanganan pakta integritas dan pemasangan pin bagi seluruh pegawai di lingkungan BLU Balai Hatpen.

Menurutnya, seluruh pegawai memang berkomitmen untuk menjadikan lingkungan kerja BLU Balai Hatpen sebagai WBK, selaras dengan kegiatan anti korupsi yang digencarkan Pemerintah. Sejak ditetapkan sebagai BLU pada tahun 2016, Balai Hatpen terus meningkatkan pelayanan, peran, dan fungsinya, untuk mendukung moda transportasi udara di bidang kesehatan penerbangan.

Baca juga : Sistem IT Ditingkatkan, Bank Mandiri Pastikan Dana Nasabah Aman

Selama 2018, jumlah personel yang melakukan medical examination (medex) sejumlah 29.350 personel, sementara sampai 30 Juni 2019 jumlahnya 13.461 personel. "Salam dan semangat Prima menjadi dasar bagi kerja kami dalam melayani dengan hati untuk mendukung transportasi udara selamanya selamat, aman, dan nyaman," jelasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.