Dark/Light Mode

Tari Ratoh Jaroe Goyang Resepsi Diplomatik HUT RI Di Bangkok

Rabu, 30 Agustus 2023 19:58 WIB
KBRI Bangkok menggelar resepsi diplomatik dalam rangka perayaan HUT RI ke-78 di Grand Centara Bangkok, Thailand, Selasa, 29 Agustus 2023. (Foto Harian Rakyat Merdeka/RM.id/KBRI Bangkok)
KBRI Bangkok menggelar resepsi diplomatik dalam rangka perayaan HUT RI ke-78 di Grand Centara Bangkok, Thailand, Selasa, 29 Agustus 2023. (Foto Harian Rakyat Merdeka/RM.id/KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI Bangkok) menggelar resepsi diplomatik perayaan HUT RI ke-78 di Hotel Grand Centara Bangkok, Selasa (29/8), dengan dihadiri sekitar 800 undangan. Hadir juga untuk pertama kali, Presiden Majelis Nasional dan Ketua Parlemen Thailand Wan Muhammad Noor Matha.

Dalam keterangan tertulis, Rabu (30/8), Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Thailand Rachmat Budiman mengatakan, hubungan baik antara Indonesia dan Thailand berlangsung sejak zaman kerajaan sebelum Indonesia merdeka. Termasuk tiga kali kunjungan Raja Rama V ke Pulau Jawa pada abad ke-19 dan 20, serta kunjungan Raja Rama VII, Raja Rama IX dan Raja Rama X ketika masih putra mahkota.

"Kunjungan pejabat tinggi dan presiden ke masing-masing negara menjadi bukti nyata hubungan baik keduanya. Hubungan baik ini terus berkembang di segala bidang dan di semua kalangan masyarakat," kata eks Dubes Indonesia untuk Austria itu. 

Baca juga : Tiga Influencer Top Jateng Gelar Kompetisi Video Amatir, Hadiahnya Rp 100 Juta

Dubes Rachmat menambahkan, Thailand dan Indonesia sebagai ekonomi terbesar di ASEAN (Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara) dan pendiri organisasi di kawasan seperti ASEAN dan APEC (Asia Pacific Economic Cooperation) terus saling bermitra dan mendukung dalam konteks bilateral, forum regional dan multilateral. Selain itu, imbuhnya, 2023 menjadi tahun istimewa bagi Indonesia dan Thailand karena Indonesia menjadi ketua ASEAN dan Thailand mengelar pemilu parlemen.

Dubes Rachmat juga menjelaskan tema keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023 yakni ASEAN Matters: Epicentrum of Growth serta beberapa prioritas utama Indonesia selama menjadi Ketua ASEAN di bawah pilar ASEAN Matters, Epicentrum of growth dan implementasi dari ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP).

Pada kesempatan itu, Wan Muhammad Noor Matha menyampaikan,  sebagai sesama pendiri ASEAN perlu secara bersama-sama meningkatkan potensi besar di kawasan ASEAN seperti di bidang industri, perikanan, budaya, kesehatan masyarakat dan ekonomi digital.

Baca juga : Ganjar Muda Padjajaran Gelar Lomba Burung Merpati Di Bandung

Dia mengaku, kunjungan singkatnya di Sidang Umum ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) ke-44 di Jakarta belum lama ini, ia manfaatkan untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo dalam upaya memperkuat hubungan kedua negara.

Resepsi diplomatik turut dihadiri sejumlah pejabat badan PBB dan Pemerintah Kerajaan Thailand seperti Wakil Sekretaris Jenderal PBB sekaligus Sekretaris Eksekutif Komisi Ekonomi dan Sosial untuk Asia dan Pasifik (ESCAP) Armida Salsiah Alisjahbana, Ketua KPU Thailand, Ittiporn Bonpracong, Ketua Ombudsman Somsak Suwansujarit, para duta besar negara sahabat, anggota korps diplomatik, pebisnis dan akademisi.

Dalam resepsi diplomatik kali ini, KBRI Bangkok menggelar pertunjukan kolaborasi antara generasi muda Indonesia dan Thailand. Yakni, Royal Thai Anthem dinyanyikan Paduan Suara dari Pathumwan Demonstration School dan lagu Indonesia Raya dinyanyikan Paduan Suara Sekolah Indonesia Bangkok. Kedua lagu diiringi musik Angklung dan Kolintang yang dimainkan siswa Sekolah Indonesia Bangkok.

Baca juga : 1.800 Masyarakat Indonesia Di Thailand Shalat Id Di KBRI Bangkok

Dalam kesempatan tersebut, KBRI Bangkok juga mempromosikan berbagai tempat wisata menarik di Indonesia melalui pemasangan banner dan pemutaran berbagai video promosi Wonderful Indonesia. Para tamu juga dimanjakan lidahnya dengan berbagai macam kuliner khas Nusantara seperti Soto Ayam, Nasi Padang, Daging Rendang, Sate Ayam, Sate Maranggi, Udang Balado, Nasi Goreng Telur, Bika Ambon, Pastel Ayam, Bakwan Jagung, Lumpia, Kroket Sayur, serta berbagai makanan ringan Indonesia lainnya.

Para tamu undangan juga menikmati alunan musik Gamelan Ayodya Swara binaan KBRI yang dimainkan secara langsung sejak tamu mulai memasuki tempat kegiatan dan ketika tamu mulai menikmati hidangan.  Tidak lupa Tari Ratoh Jaroe dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam sebagai penampil utama pada kegiatan resepsi diplomatik yang membuat para tamu terkesima.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.