Dark/Light Mode

1.800 Masyarakat Indonesia Di Thailand Shalat Id Di KBRI Bangkok

Sabtu, 22 April 2023 13:58 WIB
Ribuan masyarakat Indonesia berkumpul di lapangan sepakbola KBRI Bangkok, Thailand, untuk mengikuti shalat Idul Fitri 1 Syawal 1444 H, Sabtu, 22 April 2023. (Foto Rakyat Merdeka/HO KBRI Bangkok)
Ribuan masyarakat Indonesia berkumpul di lapangan sepakbola KBRI Bangkok, Thailand, untuk mengikuti shalat Idul Fitri 1 Syawal 1444 H, Sabtu, 22 April 2023. (Foto Rakyat Merdeka/HO KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lebih dari 1.800 orang masyarakat Indonesia berkumpul di lapangan sepakbola KBRI Bangkok untuk mengikuti Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1444 H bertepatan pada Sabtu, 22 April 2023. Masyarakat Indonesia yang datang dari berbagai wilayah di Thailand dengan khusuk dan khidmat menikmati alunan takbir dan tahmid yang dilantunkan sejak pagi hingga pelaksanaan Shalat Idul Fitri secara bersama-sama.

Shalat Id tahun ini dipimpin Imam Dr. H. Muhammad Hosnan, L.C, M.A dan pengisi Khutbah adalah Drs. H. Engkos Kosasih, LC, M.A. Mereka khusus datang dari Indonesia untuk melakukan kegiatan pembinaan rohani, dakwah, dan pengajaran singkat Bahasa Arab bagi masyarakat Indonesia di lingkungan Masjid As-Syafier KBRI Bangkok selama bulan suci Ramadan.

Melalui tema “Tingkatkan rasa syukur kembali menikmati Hari Kemenangan, Idul Fitri, dalam situasi lebih normal”,  khatib menyampaikan, Ramadan adalah bulan pembinaan umat dalam segala dimensi. Baik jasmani, rohani, individual atau sosial untuk menuju pribadi yang bertakwa.

Baca juga : SEA Games Kamboja, Indonesia Dipatok Bawa Pulang 60 Medali Emas

Semua ritual puasa maupun shalat malam, kata khatib, menjadi wahana pencucian jiwa untuk kembali kepada kesucian. "Tatkala semua episode perjalanan Ramadan dilalui dengan sukses dan penuh kedamaian, maka saat itulah Idul fitri dijadikan wahana refleksi sifat syukur," ucap khatib. 

Syukur karena melewati Ramadan tahun ini tanpa wabah pandemi Covid 19, syukur karena suasana negeri aman dan tenteram. Syukur karena ikatan sosial bangsa kembali menguat dengan budaya meminta dan memberi maaf di hari Lebaran. Syukur karena jalinan kebersamaan keluarga semakin kokoh berkat pendidikan selama Ramadan.

Lebih lanjut, Khatib juga mengimbau agar energi kebaikan di bulan Ramadan tetap dipertahankan untuk memupuk ikatan keislaman, ke-Indonesiaan dan kemanusiaan dengan baik menuju sikap beragama yang ramah dan rahmah.

Dalam sambutannya, Duta Besar Indonesia untuk Thailand merangkap UNESCAP (United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific), Rachmat Budiman menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua WNI di Bangkok yang senantiasa mendukung berbagai kegiatan KBRI Bangkok.

Baca juga : Rohit Chand Bertahan Bareng Macan Putih

Dalam hal ini, Dubes Rachmat juga menyampaikan KBRI Bangkok akan selalu terbuka terhadap kritik dan saran dari masyarakat Indonesia guna dapat meningkatkan mutu pelaksanaan tugas, khususya pelayanan dan perlindungan WNI.

Kegiatan lain yang sangat dinanti-nantikan  masyarakat Indonesia di Thailand saat Idul Fitri adalah Open House untuk bersilaturahmi dan halal bihalal. Dalam kesempatan ini, terlihat antrean masyarakat yang mengular untuk bersilaturahmi dengan Dubes Rachmat beserta istri, Riet Rietanty Budiman, serta para staf KBRI Bangkok. Suasana riang dan senang menyelimuti masyarakat yang hadir di KBRI Bangkok.

Guna mengobati rasa rindu masyarakat Indonesia di perantauan terhadap suasana lebaran di Tanah Air, KBRI Bangkok menyiapkan beberapa makanan khas Lebaran seperti nasi, lontong, rendang, sayur godok, semur ayam dan tahu, serta telur balado hijau.

Tidak ketinggalan, sajian kuliner makanan ringan lainnya seperti sosis solo, lapis surabaya dan es krim “Nong-Nong” juga dihidangkan untuk masyarakat Indonesia yang hadir. Masyarakat terlihat menikmati hidangan tersebut sambil bercengkrama dan bersenda gurau dengan sesama WNI lainnya.

Baca juga : 5.183 Paskibraka Ikut Diklat Pancasila Di Sumatera Selatan

Bagi sebagian besar mahasiswa Indonesia di Thailand, kegiatan Shalat Idul Fitri di Perwakilan Indonesia di luar negeri menjadi pelengkap dalam merayakan hari istimewa Lebaran. Meskipun tidak dapat berkumpul langsung dengan keluarga inti di Indonesia, namun suasana di KBRI Bangkok dan kesempatan untuk bersilaturahmi dengan teman dan sesama warga Indonesia menjadi pengganti momentum yang sangat berharga tersebut.

Kegiatan Sholat Idul Fitri dan halal bi halal tahun 1444H di KBRI Bangkok didahului dengan takbir bersama di Masjid As-Syafier KBRI Bangkok sejak malam sebelumnya. Panitia Ramadan juga telah melakukan pembagian zakat fitrah kepada masyarakat yang kurang beruntung di wilayah Bangkok dan sekitarnya. Sementara sebagian zakat fitrah lainnya disalurkan kepada saudara-saudara yang kurang beruntung di berbagai wilayah di Tanah Air melalui yayasan Dompet Duafa.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.