Dark/Light Mode

Buktikan Seafood Aman

PM Kishida Dan 3 Menterinya Kompak Santap Sashimi Dari Perairan Fukushima

Kamis, 31 Agustus 2023 22:08 WIB
PM Jepang Fumio Kishida santai menikmati santap siang dengan menu sashimi dari perairan Fukushima. (Foto: Instagram)
PM Jepang Fumio Kishida santai menikmati santap siang dengan menu sashimi dari perairan Fukushima. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida dan tiga menteri kabinetnya makan siang dengan menu sashimi ikan dari perairan Fukushima, Rabu (30/8/2023).

Ini adalah upaya nyata Kishida untuk meyakinkan masyarakat, bahwa mengonsumsi ikan setelah pelepasan limbah radioaktif yang telah diproses dari PLTN Fukushima Daiichi pada Kamis (24/8/2023), tidak masalah.

Menteri Ekonomi dan Industri Yasutoshi Nishimura mengungkap, Kishida dan ketiga menterinya menyantap sashimi ikan flounder, gurita, dan ikan bass, yang ditangkap di lepas pantai Fukushima setelah limbah nuklir itu dilepaskan. Bersama dengan sayuran, buah-buahan, dan semangkuk nasi yang dipanen di prefektur.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Dukung Kegiatan Komunitas Pemuda Karangampel

Pembuangan limbah yang dimulai pada Kamis (24/8/2023) dan akan terus berlanjut selama beberapa dekade, mendapat tentangan keras dari kelompok nelayan domestik dan negara-negara tetangga. 

China bahkan langsung bereaksi keras, dengan melarang semua impor makanan laut Jepang.

Sejak pembuangan limbah pada Kamis (24/8/2023), semua data pengambilan sampel air laut dan ikan dilaporkan jauh di bawah batas keamanan yang ditetapkan.

Baca juga : Pembelian F-15EX Dari Amerika Dan Keberhasilan Diplomasi Pertahanan Indonesia

"Makan siang tersebut menunjukkan komitmen kuat Kishida, untuk membuktikan kepemimpinannya dalam mengatasi buruknya image Jepang, sambil mengayomi komunitas perikanan di Fukushima,” beber Nishimura kepada AP.

"Penting untuk menunjukkan keamanan berdasarkan bukti ilmiah, serta tegas menyebarkan informasi yang benar, baikdi dalam atau luar Jepang," imbuhnya.

Nishimura mengunjungi jaringan supermarket Fukushima pada Senin (28/8/2023) untuk mencicipi ikan. Sementara Kishida, mengunjungi pasar ikan Toyosu di Tokyo untuk mempromosikan ikan Fukushima, Kamis (31/8/2023).

Baca juga : Tuntas Akhir 2023, Menteri Basuki Minta Hati hati Bangun Bendungan Pamukkulu

Di Korea Selatan, Presiden Yoon Suk Yeol juga makan ikan untuk makan siang.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.