Dark/Light Mode

Pembelian F-15EX Dari Amerika Dan Keberhasilan Diplomasi Pertahanan Indonesia

Selasa, 29 Agustus 2023 07:45 WIB
Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia M. Herindra. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Kemhan RI)
Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia M. Herindra. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Kemhan RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam kunjungan kerja ke Amerika Serikat minggu lalu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menorehkan sebuah momentum penting bagi dunia pertahanan Indonesia; yaitu penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) sebagai komitmen pembelian 24 unit pesawat tempur canggih, F-15 EX. Penandatanganan MOU ini, dilakukan langsung dan difasilitas Boeing di St.Louis, Missouri.

Baca juga : Fuso Hadirkan Layanan Perbaikan Cabin Dan Chassis Pertama Di Indonesia

Momentum ini masih berlanjut dengan ditandatanganinya perjanjian industri pertahanan antara Indonesia dan Amerika Serikat terkait pengadaan 24 helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk tipe GFA. Dalam perjanjian pertahanan ini, pihak Kementerian Pertahanan (Kemhan) melibatkan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang ditunjuk menjadi bakal mitra bagi Lockheed Martin – sebagai produsen dari helikopter ini. Tujuannya jelas, Kemhan menginginkan terjadinya proses Transfer-of-Technology (TOT) dari Amerika kepada Indonesia; yang tentunya akan berdampak sangat positif bagi pertumbuhan Industri Pertahanan Nasional di Indonesia.

Baca juga : Pelabuhan Perdagangan Bebas Hainan Diharapkan Makin Tingkatkan Ekspor Indonesia

Jet tempur F-15EX adalah versi paling mutakhir dari pesawat F-15 yang pernah dibuat oleh Amerika Serikat. Pesawat tipe ini memiliki fitur kontrol penerbangan digital fly-by-wire, sistem peperangan elektronik, kokpit kaca digital, serta kemampuan perangkat lunak terkini. Spesifikasi lain dari pesawat ini adalah kapasitas angkutnya yang mencapai 13,3 ton -- hingga memungkinkan jet tempur ini mengintegrasikan berbagai senjata, mulai dari rudal udara ke udara (air-to-air missile), rudal serang darat (air-to-ground missile), hingga bom pintar.

Baca juga : Tri Sakti Dan Revolusi Mental: Indonesia Maju

Dengan keseluruhan perangkat tempur ini, F-15EX menjadi alutsista yang multi-misi: superioritas udara, pertahanan darat, dan pengamanan wilayah laut; maka pantaslah jika Menhan Prabowo mengatakan bahwa pesawat tempur ini akan melindungi dan mengamankan wilayah Indonesia dengan kemampuan mutakhirnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.