Dark/Light Mode

Gempa Dahsyat Guncang Maroko, Lebih Dari 2.000 Tewas

Jokowi Dan Pemimpin Dunia Ngucapin Belasungkawa

Senin, 11 September 2023 03:15 WIB
Menangis: Seorang wanita menangis melihat rumahnya yang rusak akibat gempa bumi di kota tua di Marrakesh pada 9 September 2023. (Fadel Senna/AFP/Getty Images)
Menangis: Seorang wanita menangis melihat rumahnya yang rusak akibat gempa bumi di kota tua di Marrakesh pada 9 September 2023. (Fadel Senna/AFP/Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa dahsyat menguncang Maroko. Musibah ini sedikitnya menewaskan 2.012 orang. Pimpinan negara dari berbagai dunia, termasuk Presiden Jokowi telah menyampaikan ucapan belasungkawa kepada negara berjulukan Tanah Tuhan tersebut.

Pada Sabtu (9/9), Pemerintah Maroko mengumumkan tiga hari masa berkabung nasional akibat gempa dahsyat yang melanda negeri tersebut. Dikutip AFP, Kementerian Dalam Negeri Maroko, Sabtu (9/9) sekitar pukul 23.00 waktu setempat atau Minggu (10/9) pukul 05.00 WIB, mengatakan, gempa telah menewaskan 2.012 orang.

Gempa dahsyat berkekuatan Magnitudo 6,8 terjadi pada Jumat (8/9) pukul 23.11 waktu setempat, dengan pusat gempa berada di Pegunungan Atlas Tinggi, 72 kilometer (km) barat daya Marrakesh, kota warisan dunia yang populer di kalangan wisatawan.

Baca juga : Prigozhin Dikabarkan Tewas Kecelakaan Pesawat, Putin Sampaikan Belasungkawa

Kementerian Dalam Negeri Maroko menyebut, sampai Sabtu (9/9), sekitar pukul 23.00 WIB, jumlah korban tewas mencapai 2.012 orang. Sedangkan korban luka-luka lebih dari 2.000 orang. Provinsi Al-Haouz dan Taroudant, paling parah terkena dampak gempa.

Ini merupakan gempa paling mematikan di Maroko sejak Agadir diguncang gempa berkekuatan Magnitudo 6,7 pada 1960, yang menewaskan lebih dari 12.000 orang. Gempa itu juga merupakan gempa paling kuat yang melanda Maroko selama lebih dari satu abad.

Wartawan BBC Nick Beake mengatakan, di Marakkesh, warga berkemah di luar rumah karena takut gempa susulan. Mereka kekurangan makanan dan air.

Baca juga : Gempa M5,7 Guncang Muarabinuangeun, Banten, Getaran Terasa Hingga Bandung

Beberapa lokasi gempa sulit dijangkau, dengan jalan pegunungan yang dipenuhi bebatuan dan puing-puing lainnya sehingga menyulitkan akses bagi layanan darurat.

Presiden Jokowi menyampaikan dukacita mendalam atas gempa dahsyat yang melanda Maroko.

“Saya turut berbela sungkawa sedalam-dalamnya kepada masyarakat Maroko atas gempa tragis yang terjadi. Pikiran serta doa kami mengiringi para korban, keluarga mereka, dan semua orang yang terdampak kejadian ini,” kata Jokowi melalui akun X-nya, Sabtu (9/9).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.