Dark/Light Mode

Dubes Qatar Bagikan 1.000 Buku Untuk Di Jakarta

Rabu, 13 September 2023 07:58 WIB
Dubes Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti (kelima kiri) bersama perwakilan Qatar National Library dan Rumah Baca Zhaffa dalam acara penyerahan buku di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (10/9). (Foto Kedubes Qatar)
Dubes Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti (kelima kiri) bersama perwakilan Qatar National Library dan Rumah Baca Zhaffa dalam acara penyerahan buku di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (10/9). (Foto Kedubes Qatar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perpustakaan Nasional Qatar (Qatar National Library) mendonasikan 1.000 buku untuk lima Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Jakarta. Duta Besar (Dubes) Qatar untuk Indonesia, Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti ikut serta dalam acara penyerahan buku, yang digelar di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Minggu (10/9).

 “Donasi ini sebagai upaya meningkatkan literasi bagi anak-anak di Indonesia, sekaligus untuk memperingati Hari Literasi Internasional yang jatuh setiap 8 September,” terang Dubes Fawziya dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Fauziyah didampingi dua staf Qatar Nasional Library, Fatema M Al Malki dan Nada A Bahzad. Keduanya begitu antusias menyaksikan penampilan anak-anak dari Rumah Baca Zhaffa asuhan Yudh Hartanto, yang juga Ketua Forum TBM Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga : Hisnu Dukung Ganjar Targetkan 60 Persen Suara Pemilih Di DKI Jakarta

Anak-anak yang hadir mendengarkan pembacaan buku, juga mendapatkan paket buku cerita dari Qatar Nasional Library.

Pemerintah Qatar, diwakili Qatar National Library, bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia tengah mengadakan kolaborasi kebudayaan bertajuk Qatar-Indonesia Year of Culture. Beberapa kegiatan sudah dilakukan di Qatar dan Indonesia sejak awal tahun ini.

“Saya sangat senang atas kegiatan ini. Apalagi saat menyaksikan penampilan anak-anak yang membawakan tarian tradisional Betawi. Semoga kegiatan ini membawa manfaat bagi kedua negara, khususnya peningkatan literasi,” ujar Dubes Fawziyah.

Baca juga : Kowarteg Dukung Ganjar Sosialisasikan Gaya Hidup Sehat Untuk Ibu-Ibu Di Surabaya

Forum TBM Provinsi DKI Jakarta, sebagai komunitas yang berkonsentrasi terhadap kepedulian bahan bacaan akan mendampingi tim Qatar Reads selama berkegiatan di Jakarta, sambil membagikan 1.000 paket buku ke TBM yang dikunjungi.

Sebelum di TIM, pada Sabtu (9/9), digelar kegiatan di Rumah Literasi Kampung Quran di Kalideres, Jakarta Barat. Selanjutnya, pada Senin (11/9), kegiatan berlangsung di Kampung Buku, Cibubur, Jakarta Timur.

Dilanjutkan pada Selasa (12/9), ke Rumah Baca Zhaffa, Manggarai, Jakarta Selatan. Terakhir pada Rabu (13/9), kegiatan dilakukan di Rumah Baca Fun with English, Jakarta Pusat.

Baca juga : KONI DKI Kerahkan Ratusan Atlet Popnas Untuk Jalan Sehat Di Jakarta

“Ini merupakan kerja sama yang sinergis di bidang kebudayaan secara luas, termasuk pertukaran seni budaya kedua negara,” terang Staf Humas Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Zulkarnaen.

Perwakilan KBRI Qatar juga melakukan pembacaan buku cerita mengenai Indonesia kepada anak-anak Qatar.

"Qatar National Library baru pertama bersinergi, semoga berlanjut,” tutup Zulkarnaen. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.