Dark/Light Mode

Galang Dana Amal, Tim Pesepeda RI Sukses Gowes London-Amsterdam

Sabtu, 30 September 2023 11:16 WIB
Tim pesepeda yang tergabung dalam Ride for Indonesia (RFI). (Foto: Ist)
Tim pesepeda yang tergabung dalam Ride for Indonesia (RFI). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim pesepeda yang tergabung dalam Ride for Indonesia (RFI) berhasil menuntaskan rute sejauh 575 kilometer (Km) melewati empat negara di Eropa untuk menggalang dana bagi anak yatim dan duafa. 

Kegiatan bersepeda untuk amal (charity ride) tersebut mengambil start di Tower Bridge, London, pada Jumat pagi (22/9), dan menyentuh garis finish di Dam Square, Amsterdam, Belanda, pada Senin malam (25/9).

“Saya tak pernah membayangkan akan mampu menuntaskan rute panjang London-Amsterdam. Dulu, saya pernah membayangkan bersepeda dari Glasgow ke Edinburgh di Skotlandia. Tetapi, jujur saja, London-Amsterdam, lebih menantang dan saya bersama para pesepeda lain merasa senang bisa menyelesaikannya,” kata Dimas Ferdiansyah, salah satu anggota tim RFI.

Pluto Gasanova, anggota RFI lainnya, mengatakan, rute London-Amsterdam ini memiliki tantangan tersendiri, terutama pada etape satu antara London-Dover, di Inggris Selatan. Rutenya berbukit-bukit dengan kondisi jalan yang tidak rata. Ditambah cuaca dingin dan hujan khas Inggris, membuat etape satu tak mudah ditaklukkan. 

“Namun, setelah tantangan ini terlewati, praktis etape dua, tiga, dan empat menjadi lebih ringan,” kata Nova, panggilan akrab Gasanova.

Baca juga : Jelang Lawan Persib, Ini Pesan Khusus Thomas Doll

Usai menyeberang dari Dover ke Calais di Prancis utara dengan feri, para pesepeda melanjutkan perjalanan ke Bruges di Belgia. Setelah etape dua selesai, mereka menuju Breda di Belanda.

Etape empat mengambil rute Breda-Amsterdam dengan salah satu titik pemberhentian kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag. Di sini, para pesepeda RFI diterima Wakil Dubes, Freddy Martin Panggabean.

“Kami menyambut baik prakarsa-prakarsa warga seperti ini, apalagi peruntukannya adalah untuk tujuan sosial, yaitu penggalangan dana bagi anak-anak yatim dan duafa di Indonesia. Semoga kegiatan-kegiatan mendatang bisa melibatkan kelompok-kelompok pesepeda yang ada di Belanda,” kata Freddy.


Gowes London-Amsterdam adalah hasil kerja sama RFI, organisasi bantuan kemanusiaan di Inggris Human Aid Initiative (HAI), dan didukung oleh Bank Mandiri, Telkom Indonesia, komunitas Bike to Work, dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) London. 

Direktur HAI, Nurani Susilo, yang bersama timnya mendampingi para pesepeda dari London hingga Amsterdam mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada para pesepeda dan semua pihak yang mendukung penuh charity ride yang melakoni rute di Inggris, Prancis, Belgia, dan Belanda ini.

Baca juga : Pinang Dana Talangan Kini Bisa Diakses Semua Agen BRILink

“Dukungan dari berbagai pihak sungguh sangat berarti dalam membantu anak-anak yatim dan kurang mampu di Indonesia, agar mereka bisa mengakses layanan kesehatan dan pendidikan,” kata Nurani. 

Ia menjelaskan, HAI memiliki program Sponsor a Child yang mendorong donatur mengirim dana bulanan bagi anak-anak kurang mampu. Saat ini ada sekitar 300 anak yang sedang menunggu uluran bantuan. “Harapannya, donasi yang kami dapatkan dari charity ride London-Amsterdam bisa menambah jumlah anak yang mendapat manfaat dari program Sponsor a Child,” imbuh Nurani.

Kebersamaan

Ferdi Endinanda, anggota RFI mengatakan, salah satu yang membuatnya sangat terkesan dalam gowes lintas empat negara Eropa ini adalah kebersamaan tim. “Susah dan senang kami tanggung bersama. Medan berat, medan ringan, ban kempes, kerusakan sepeda, kami hadapi bersama. Saya kira itu kuncinya,” ujar Ferdi.

Warga London ini juga mengatakan, kerja tim pendukung membuat gowes sejauh 575 kilometer terasa tidak terlalu berat. “Di waktu malam, saat kami menyelesaikan etape, tim pendukung sudah menyediakan makanan ala Indonesia seperti rendang, dendeng sapi dan bakso. Ini menambah semangat dan membantu memulihkan stamina,” katanya. 

Rekan satu tim Ferdi, Eastman Rivai, mengatakan keberhasilan tim RFI menaklukkan London-Amsterdam memberi inspirasi untuk melakoni rute-rute lain di Eropa, seperti London-Paris atau tur Italia. “Sudan sempat kami bahas. Soal waktunya, kami menunggu kesepakatan rekan-rekan di tim. Intinya, kami sudah siap untuk menggalang dana sosial lagi bagi warga yang memerlukan bantuan di Indonesia,” kata Eastman.

Baca juga : Gandeng Kadin Sumsel, BKI Genjot Potensi Bisnis & Industri

Wahyuhansudi, pesepeda yang sudah lama aktif di RFI mengatakan, gowes London-Amsterdam adalah kelanjutan charity ride yang berawal sejak beberapa tahun silam. Sebelumnya, tim RFI menggelar gowes London-Oxford, London-Cambridge, dan London-Whitstable, di Inggris, yang hasilnya dikirim umtuk membantu keluarga-keluarga kurang mampu di Indonesia, yang terkena dampak pandemi Covid-19. 

“Kami adalah para penggemar bersepeda di London dan kami melihat ada peluang untuk menggalang dana melalui kegiatan ini. Alhamdulillah, sambutannya sangat positif. Ini menjadi motivasi kami untuk menggelar acara serupa di masa depan, yang hasilnya kami peruntukkan untuk kegiatan-kegiatan sosial,” kata Wahyu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.