Dark/Light Mode

Dubes Indonesia Untuk Turki Bercengkrama Dengan Masyarakat Indonesia

Selasa, 3 Oktober 2023 07:09 WIB
Dubes Achmad Rizal Purnama kedua kanan bersama perwakilan masyarakat Indonesia yang hadir di KJRI Istanbul, Turki, Rabu, 27 September 2023. (Foto RM/KBRI Ankara)
Dubes Achmad Rizal Purnama kedua kanan bersama perwakilan masyarakat Indonesia yang hadir di KJRI Istanbul, Turki, Rabu, 27 September 2023. (Foto RM/KBRI Ankara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah dilantik sebagai Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Turki pada Juni lalu, Achmad Rizal Purnama akhirnya bertemu dan bercengkrama dengan komunitas dan pebisnis Indonesia yang ada di sana.

Rabu (27/9), Dubes Rizal melakukan acara perkenalan di kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Istanbul. Sekitar 60 masyarakat Indonesia, termasuk mahasiswa yang ada di sekitar Istanbul, menghadiri acara itu.

Pada kesempatan itu, Dubes Rizal didampingi istri, Elin Purnama dan Konsul Jenderal Republik Indonesia di Istanbul Darianto Harsono. Acara diawali dengan paparan singkatnya.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Kamboja Ajak Pengusaha Kamboja Ke TEI Dan Halal Expo

“Salam kenal, saya Achmad Rizal Purnama, akan menjalankan tugas sebagai Duta Besar Indonesia di Turki,” kata Dubes Rizal, mengawali perkenalannya.

Kemudian, Dubes Rizal menekankan kepada para diaspora agar memiliki rasa bangga yang tinggi menjadi WNI di tanah rantau. Pasalnya, Indonesia memiliki modal besar untuk menjalin hubungan diplomatik yang kuat dengan Turki dan negara lainnya di dunia.

“Kita adalah negara ekonomi terbesar dan Turki ada pada peringkat 19 saat ini. Pada 2045, Indonesia akan menempati peringkat 4 besar. Ini potensi yang sangat besar untuk bisa berbuat sesuatu untuk Indonesia,” kata jebolan Al Azhar Cairo itu.

Baca juga : Presiden Jokowi Berharap Masyarakat Bangga Berbatik

Tidak lupa, Dubes Rizal mengingatkan para WNI agar memanfaatkan hak suaranya dalam Pemilu 2024. Dia meminta diaspora yang berada di Turki tetap kompak di tengah kondisi perpolitikan Indonesia yang terus memanas hingga hari pelaksanaan pemilu.

“Kita harus terus menjdi perekat kesatuan dan persatuan negara kita. Beda pilihan yang wajar, bukan berarti kerukunan dan persaudaraan harus terpecah belah,” ingatnya.

Acara ramah tamah ditutup dengan makan siang dan foto bersama.

Baca juga : Ini 10 Pebulutangkis Indonesia Yang Turun Di Nomor Perorangan Asian Games

Organisasi masyarakat yang turut hadir dalam acara perkenalan ini, antara lain Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI), Indonesia National Youth Council (INYC), Masyarakat Indonesia Istanbul (MII), Pimpinan Cabang Istimewa (PCI) Muhammadiyah, dan Pimpinan Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU). 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.