Dark/Light Mode

Dubes Indonesia Untuk Kamboja Ajak Pengusaha Kamboja Ke TEI Dan Halal Expo

Senin, 2 Oktober 2023 06:30 WIB
Dubes Santo Darmosumarto membuka acara pertemuan bisnis di KBRI Phnom Penh, Kamboja, Senin, 25 September 2023. (Foto KBRI Phnom Penh)
Dubes Santo Darmosumarto membuka acara pertemuan bisnis di KBRI Phnom Penh, Kamboja, Senin, 25 September 2023. (Foto KBRI Phnom Penh)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Phnom Penh, Kamboja, kembali mengadakan acara promosi untuk menggaet para pengusaha Kamboja mengikuti Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 yang digelar pada 18-22 Oktober dan Halal Expo 2023 pada 25-29 Oktober di BSD City, Tangerang.

Pekan lalu, acara business gathering digelar di Ruang Serbaguna, KBRI Phnom Penh, Senin (25/9). Acara ini sekaligus memperkenalkan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Kamboja Santo Darmosumarto yang baru memulai tugasnya di Kamboja bulan ini. Acara dihadiri 40 pengusaha Kamboja dan pengusaha Indonesia yang tergabung dalam Indonesia Chamber of Commerce Cambodia (Indocham) dan Indonesia-Cambodia Business Club (ICBC).

Turut hadir secara daring untuk memberikan informasi yang komprehensif terkait TEI 2023, yakni Plt Direktur Pengembangan Ekspor Produk Manufaktur Kementerian Perdagangan Ganef Judawati dan perwakilan dari PT Debindo Multi Adhiswasti, Harwin Hartanto.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Jepang Heri Akhmadi Resmikan Pengurus Muhammadiyah Jepang

Dubes Santo berharap, banyak delegasi bisnis Kamboja akan menghadiri TEI dan Halal Expo untuk menjajaki peluang kerja sama bisnis dengan Indonesia. Apalagi saat ini, Indonesia adalah mitra dagang terbesar ke-7 bagi Kamboja.

“Dengan kehadiran para pengusaha Kamboja di TEI dan Halal Expo di Jakarta, diharapkan menjadikan Kamboja sebagai rekan perdagangan terbesar Indonesia ke-5,” ujar Dubes Santo dalam keterangan tertu￾lisnya, Sabtu (30/9).

Seperti pada tahun sebelumnya, untuk memberikan kemudahan bagi delegasi bisnis Kamboja, KBRI Phnom Penh akan memfasilitasi pengaturan logistik dan membantu pengaturan pertemuan bisnis dengan mitra potensial.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Kenya Meriahkan HUT RI Dengan Budaya Betawi Dan Minang

Sebelumnya, KBRI Phnom Penh juga sudah melaksanakan Khmer Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Consumer (B2C) Exhibition pada 22- 24 September lalu. Pameran B2B dan B2C ini baru pertama kali dilaksanakan di Kamboja dan melibatkan sekitar 80 eksibitor dari berbagai sektor. Antara lain perdagangan, perbankan, sekuritas, telekomunikasi, hotel, properti, asosiasi pariwisata dan lain-lain.

Selama tiga hari pameran, stan KBRI Phnom Penh memperkenalkan keragaman budaya dan keindahan destinasi pariwisata Indonesia dengan menampilkan baju adat nusantara, membagikan booklet tentang Bali, Lombok, Yogyakarta, Solo dan Semarang serta memutar video Wonderful Indonesia.

KBRI Phnom Penh juga menawarkan kepada pengunjung kesempatan belajar bahasa dan kebudayaan Indonesia di Pusat Budaya Indonesia (Pusbudi) Nusantara, Phnom Penh.

Baca juga : Gamelan Jawa Meriahkan Resepsi HUT RI Ke-78

Dalam pameran yang bersifat B2B dan B2C ini, KBRI Phnom Penh juga berupaya menjaring calon pembeli untuk menghadiri TEI dan Halal Expo di Indonesia. Untuk memperkenalkan produk Indonesia, KBRI Phnom Penh membagikan sampel beberapa produk Indonesia yang sudah dijual di Kamboja. Seperti tisu merek Tessa, permen Milkita, kopi sachet Good Day dan Kopiko, wafer Top, Inaco Jelly Drink dan susu Indomilk.

Selain Indonesia, perwakilan negara lain yang berpartisipasi yakni Malaysia dan Filipina.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.