Dark/Light Mode

Israel Makin Ganas Serang Gaza

143 WNI Nunggu Dievakuasi

Sabtu, 14 Oktober 2023 07:50 WIB
Israel Makin Ganas Serang Gaza 143 WNI Nunggu Dievakuasi

 Sebelumnya 
Militer Israel kemudian meluncur­kan "Operasi Perang Besi" di Jalur Gaza dan memblokade penuh kawasan itu sehingga masyarakat setempat kehabisan pasokan air dan listrik. Teranyar, militer Israel mendesak 1,1 juta penduduk Palestina di Jalur Gaza untuk dievakuasi menuju wilayah selatan dalam waktu 24 jam, demi keselamatan mereka.

"Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyerukan evakuasi seluruh warga sipil Gaza dari rumah mereka ke arah selatan, demi keselamatan dan per­lindungan mereka sendiri," demikian pernyataan militer Israel, dikutip AFP.

Militer Israel menyerukan agar war­ga Palestina pindah ke daerah selatan Wadi. Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang telah menerima informasi tersebut pada Kamis (12/10) malam, mengaku khawatir desakan evakuasi warga Palestina bisa menjadi awal rencana serangan darat Israel ke Gaza.

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota 12 Oktober, Cek Di Sini Lokasinya

Juru bicara PBB, Stephanie Dujarric menganggap, tidak mungkin evakuasi seperti itu terjadi tanpa konsekuensi kemanusiaan yang buruk. Sejauh ini militer Israel belum mengeluarkan komentar resmi tentang peringatan evakuasi tersebut. Sebelumnya tank-tank Israel telah dikerahkan di dekat perbatasan Jalur Gaza.

Kepala kantor media pemerintah Hamas, Salama Marouf mengatakan, peringatan relokasi dan evakuasi itu adalah upaya Israel untuk menyiarkan dan menyebarkan propaganda agar warga bingung.

Di dunia maya, dukungan kepada Palestina terus mengalir. Salah satunya disuarakan oleh cendekiawan muslim Ulil Abshar Abdalla. Melalui akun Twitter yang kini berganti nama men­jadi X, Ulil menjelaskan, panjang lebar kenapa harus mendukung Palestina.

Baca juga : Serangan Israel Makin Menggila, WNI Nunggu Dievakuasi

Kata dia, masalah Palestina akan selesai jika negara-negara Barat pe­nyokong Israel kehilangan dominasi kekuatan militer/ekonomi. Jika Israel kehilangan dukungan tanpa syarat dari negara-negara besar, di situ kita bisa berharap persoalan Palestina akan selesai.

"Konflik seperti ini tidak akan bisa diselesaikan, sebab Israel memegang posisi dominan saat ini," tulis @ulil.

Akun @tmembak setuju dengan pendapat Ulil. "Penjajahan harus di­hapuskan di bumi ini," serunya. Akun @bawango ikut memberikan du­kungan. "Stop perang deh. Nggak ada untungnya," pungkasnya.

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota 11 Oktober, Cek Di Sini Lokasinya

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 14/10/2023 dengan judul Israel Makin Ganas Serang Gaza, 143 WNI Nunggu Dievakuasi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.