Dark/Light Mode

8 Mahasiswa Myanmar Dapat Beasiswa di Universitas Negeri Padang

Rabu, 2 Oktober 2019 15:25 WIB
8 Mahasiswa Myanmar Dapat Beasiswa di Universitas Negeri Padang

RM.id  Rakyat Merdeka - Delapan mahasiswa Myanmar menerima beasiswa dari Universitas Negeri Padang (UNP). Pemberian beasiswa tersebut merupakan implementasi Nota Kesepahaman antara Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Yangon dan UNP tentang Kerja Sama Pendidikan dan Pelatihan yang ditandatangani di Yangon, 7 Desember 2018. 

Diskusi tim KBRI Yangon dengan UNP. (Foto KBRI Yangon)

KBRI Yangon menyerahkan langsung kedelapan mahasiswa Myanmar tersebut kepada UNP. Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Yangon, Sylvia Masri mempertemukan mereka dengan Wakil Rektor IV UNP, Prof Dr Syahrial Bakhtiar pada 26 September 2019.

Kedelapan mahasiswa tersebut adalah Lamai Tulum, Tin Moh Moh Swe, Kyaw Zay Ya, Susan San Htay, Win Ei Phyu Tun, Phyu Sin Yadanar Thein, Ei Htet Hmoo Poo, dan Khin Moet Moet. Mereka berasal dari wilayah yang beragam di Myanmar, yaitu Yangon, Mandalay, Kachin State, Rakhine State, dan Mandalay.

Baca juga : 2 Mahasiswa Tewas Berdemo di Kendari, Jokowi Minta Kapolri Investigasi

Mereka akan menempuh pendidikan pendidikan S2 dan sebagian lainnya akan menempuh pendidikan S1, dengan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Administrasi Pendidikan, Konseling, Pendidikan Anak Usia Dini, serta Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 

Duta Besar Iza Fadri melepas delapan mahasiswa Myanmar untuk berangkat kuliah ke Padang. (Foto KBRI Yangon)

Saat melepas kedelapan mahasiwa di Yangon, Duta Besar RI untuk Myanmar, Prof Dr Iza Fadri menyampaikan, KBRI Yangon berkeinginan kuat untuk mendorong peningkatan jumlah mahasiswa Myanmar di Indonesia.

Mahasiswa Myanmar dan Malaysia di UNP. (Foto KBRI Yangon)

Beasiswa melalui mekanisme kerja sama langsung KBRI Yangon dengan perguruan tinggi di Indonesia tersebut merupakan kali kedua. Pada Juli 2019, tiga mahasiswa Myanmar memulai pendidikan mereka di Universitas Brawijaya, Malang. Pada 2020, Universitas Andalas, Padang dan Universitas Syiah Kuala, Aceh juga akan memberikan beasiswa bagi mahasiswa Myanmar.

Baca juga : Aspirasi Mahasiswa Sebaiknya Disampaikan Tanpa Merusak

Rektor UNP, Prof Ganefri menyampaikan, UNP berencana akan secara berkesinambungan memberikan beasiswa bagi mahasiswa Myanmar. Dalam ruang lingkup ASEAN, UNP telah melakukan kerja sama pemberian beasiswa dan pertukaran mahasiswa dengan Myanmar, Malaysia, Filipina. Mereka menargetkan lebih banyak lagi mahasiswa dari berbagai negara ASEAN akan menimba ilmu di UNP.

“Dengan memberikan lebih banyak beasiswa kepada masyarakat Myanmar, kualitas pendidikan tinggi Indonesia akan lebih dikenal sehingga ke depannya diharapkan terdapat peningkatan jumlah mahasiswa Myanmar di Indonesia,” terang Sylvia Masri dalam keterangan yang diterima RMco.id.

Para alumni juga dapat menjadi duta-duta yang tidak hanya menyuarakan keunggulan kualitas pendidikan di Indonesia, tetapi juga bidang-bidang lainnya sehingga membantu merekatkan kedua bangsa. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.