Dark/Light Mode

Dubes Arief Basalamah Serahkan Surat Kepercayaan Kepada Presiden Armenia

Jumat, 17 November 2023 07:21 WIB
Dubes Arief Basalamah bersama Presiden Armenia Vahagn Khachaturyan di Presidential Palace, Yerevan, Selasa (14/11/2023). (Foto KBRI Kiev)
Dubes Arief Basalamah bersama Presiden Armenia Vahagn Khachaturyan di Presidential Palace, Yerevan, Selasa (14/11/2023). (Foto KBRI Kiev)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Ukraina merangkap Armenia dan Georgia yang berkantor di Kiev, Ukraina, Arief Basalamah, menyerahkan Surat Kepercayaan pada Presiden Armenia Vahagn Khachaturyan di Istana Kepresidenan, Yerevan, Selasa (14/11/2023).

Upacara penyerahan Surat Kepercayaan yang berlangsung khidmat ini dilanjutkan dengan pertemuan bilateral antara Dubes Arief dengan Presiden Khachaturyan. Ketika membuka pertemuan bilateral, Dubes Arief menyampaikan salam hangat dari Presiden Jokowi.

“Kami membahas peluang kerja sama yang bisa digali di masa depan. Presiden Jokowi menyampaikan minatnya memperdalam persahabatan dengan Armenia,” ujar Dubes Arief dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/11/2023).

Baca juga : Paloh Tegaskan Tetap Setia Dan Utamakan Kepentingan Nasional

Penyerahan Surat Kepercayaan menandakan dimulainya penugasan Dubes Arief secara resmi sebagai Dubes Indonesia non-residen untuk Armenia.

Presiden Khachaturyan tidak lupa mengucapkan selamat kepada Dubes Arief atas penugasan barunya. Sang Presiden berharap, hubungan bilateral kedua negara akan semakin erat dan saling menguntungkan.

Sejumlah aspek yang dibahas Dubes Arief dengan Presiden Khachaturyan mencakup sektor ekonomi, kesehatan, pariwisata hingga ekonomi. Presiden Khachaturyan juga menyoroti pertumbuhan ekonomi Indonesia yang signifikan pada 2022.

Baca juga : Pemuda Lamongan Berharap Ganjar-Mahfud Jadi Presiden-Wakil Presiden

Menurut data statistik setempat, nilai impor produk Indonesia oleh Armenia pada 2022 mencapai 42,6 juta dolar AS atau sekitar Rp 665 miliar.

“Dengan pertumbuhan tersebut, Presiden Armenia berharap agar kerja sama ekonomi kedua negara dapat ditingkatkan,” ujar Dubes Arief.

Selain ekonomi, isu sosial budaya juga menjadi salah satu aspek yang dibahas pada pertemuan bilateral tersebut. Indonesia berharap agar tercipta kerja sama antara perguruan tinggi.

Baca juga : Dubes Arab Saudi Sowan Ke Wapres, Bahas Penguatan Investasi

Selain itu, demi mempermudah diplomasi, Presiden Khachaturyan secara khusus sampaikan harapan agar Indonesia dapat segera membuka kantor perwakilan diplomatik permanen di Yerevan.

Sebagai informasi, Armenia telah memiliki kantor Kedutaan Besar di Jakarta sejak 2013. Sementara, Pemerintah Indonesia mengangkat Yervand Voskanyan sebagai Konsul Kehormatan di Yerevan sejak 2005 hingga saat ini. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.