Dark/Light Mode

Lompat Dari Ketinggian 40 M Ke Air Super Dingin

Rabu, 13 Desember 2023 07:39 WIB
Ken Stornes saat melakukan aksinya melompat dari ketinggian 40,5 meter ke dalam air super dingin.(Foto: Oddity Central)
Ken Stornes saat melakukan aksinya melompat dari ketinggian 40,5 meter ke dalam air super dingin.(Foto: Oddity Central)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penggila olahraga ekstrem dari Norwegia, Ken Stornes, mengukir namanya dalam sejarah. Pria pemberani tersebut melompat dari ketinggian 40,5 meter ke dalam air super dingin. Karena aksinya tersebut, Stornes resmi memecahkan rekor dunia lompat tinggi.

Pencapaian mantan personel militer berusia 35 tahun ini didokumentasikan dan dibagikan melalui video di akun instagram Stornes. Stornes memecahkan rekornya sendiri, yaitu melompat dari ketinggian 31 meter.

Olahraga yang dikenal dengan ‘death diving’ ini diperkenalkan Erling Bruno Hovden di Frog Nerbadet, Norwegia pada 1972.

Baca juga : Lestari: 4 Konsensus Kebangsaan Harus Serius Diimplementasikan

Death diving punya teknik, pelakunya harus mengambil posisi seperti elang terbang di udara terlebih dahulu, dengan kedua lengan terentang, lalu meringkuk tepat sebelum terjadi benturan ke air, untuk mencegah cedera.

lompatan biasanya dilaku kan dari ketinggian antara 10 hingga 15 meter di atas air. Namun Stornes melakukan tantangan ekstrem dari ketinggian 40 meter.

Aksinya ini sangatlah berbahaya. Stornes mengakui, dia bisa terluka jika tidak melakukan pendaratan dengan sempurna.

Baca juga : Lestari: Kewirausahaan Anak Muda Harus Ditumbuhkan Sejak Dini

“Saya adalah orang yang perlu melakukan sesuatu. Saya ingin memiliki sesuatu untuk diperjuangkan, dan suka melakukan halhal yang sedikit berisiko,” kata Stornes kepada situs berita Norwegia, NRK.

“Setidaknya itu membuat saya merasa hidup,” lanjutnya.

Stornes tidak berniat untuk mencoba melakukan penyelaman maut dari ketinggian 50 meter. Menurut veteran tempur infanteri tersebut, kecil kemungkinannya ia akan selamat dari ketinggian tersebut.

Baca juga : Dinkominfo Siap Jagain Keamanan Siber Di Musi Banyuasin

Dia menggarisbawahi pentingnya keselamatan dan kehati-hatian bagi mereka yang terinspirasi dengan aksinya. ia merekomendasikan untuk memulai dari ketinggian yang lebih rendah, lalu secara bertahap meningkatkannya untuk menghindari cedera.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.