Dark/Light Mode

Dubes Jepang Apresiasi Dukungan RI Atas Musibah Gempa Dan Kecelakaan Pesawat

Kamis, 4 Januari 2024 07:16 WIB
Duta Besar Jepang  untuk Indonesia Masaki Yasushi. (Foto X @yasushi_m_japon)
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi. (Foto X @yasushi_m_japon)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi mengapresiasi dukungan Indonesia untuk dua musibah yang melanda Jepang di awal 2024. Mewakili Pemerintah Jepang, Dubes Yasushi mengucapkan terima kasih lewat instagram resmi Dubes Jepang di @jpnambsindonesia, Rabu (3/1/2023).

Gempa bumi dengan kekuatan awal Magnitudo 7,6 mengguncang Prefektur Ishikawa, Semenanjung Noto, Senin (1/1/2023). Hingga kemarin, gempa tersebut telah menewaskan lebih dari 60 orang dan sekitar 300 orang cedera, yang 20 di antaranya luka serius.

Sedangkan kecelakaan antara pesawat Japan Airlines (JAL) dan pesawat penjaga pantai MA-722 terjadi di landasan pacu Bandara Haneda, Tokyo, Selasa (2/1/2024) pukul 17.55 waktu setempat.

Baca juga : Wapres Iran Apresiasi Upaya Pemberdayaan Perempuan Di RI

Musibah ini merenggut nyawa 5 penumpang pesawat penjaga pantai. Sementara total 367 penumpang dan 12 kru pesawat JAL dengan nomor penerbangan 516, yang bertolak dari Bandara Shin-Chitose di Hokkaido, dinyatakan selamat.

“Kami mengucapkan terima kasih dari lubuk hati atas dukungan yang hangat oleh para sahabat Indonesia terhadap kedua musibah,” kata Dubes Yasushi.

Sebelumnya, Pemerintah Indoesia telah menyampaikan ungkapan duka cita atas dua musibah tersebut. Indonesia juga menyatakan solidaritasnya dengan masyarakat Negeri Sakura.

Baca juga : Didampingi Hary Tanoe, Ganjar Terima Dukungan Dari Pengusaha Mie Dan Bakso

“Indonesia sangat berduka atas bencana gempa bumi dahsyat yang terjadi di Prefektur Ishikawa dan sekitar wilayah Hokuriku di Jepang,” pernyataan Kementerian Luar Negeri RI di akun @Kemlu_RI di platform X (dahulu Twitter), (2/1/2024).

Kemlu RI juga menyatakan tidak ada Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban di kedua peristiwa itu. Namun, WNI diminta untuk berhati-hati mengantisipasi terjadinya gempa susulan.

KBRI Tokyo dan KJRI Osaka segera akan mengirimkan bantuan logistik darurat untuk para WNI yang terdampak musibah gempa bumi. KBRI juga telah mengantisipasi kemungkinan adanya WNI yang terjebak di Bandara Haneda karena adanya pembatalan sejumlah penerbangan. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.