Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PM Scott Morrison Bakal Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma`ruf

Sabtu, 19 Oktober 2019 19:39 WIB
PM Australia Scott Morrison (kiri) bersama Presiden Jokowi, saat mengunjungi Istana Bogor, Jawa Barat, medio Agustus 2018. (Foto: presidenri.go.id)
PM Australia Scott Morrison (kiri) bersama Presiden Jokowi, saat mengunjungi Istana Bogor, Jawa Barat, medio Agustus 2018. (Foto: presidenri.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison siap menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

"Australia adalah tetangga dekat, mitra dan sahabat Indonesia. Saya menantikan perjalanan saya ke Indonesia lagi, untuk menegaskan kembali ikatan kedua negara dan berbagi visi kawasan Indo-Pasifik yang damai dan makmur," kata Morrison dalam keterangan Kedutaan Besar Australia yang diterima di Jakarta, Sabtu (19/10).

Morrison berharap, kerja sama Indonesia-Australia dalam bidang perdagangan dan investasi, kemaritiman, keamanan, kontra-terorisme, kejahatan transnasional, infrastruktur, dan pendidikan dapat terus ditingkatkan.

Baca juga : Delegasi AS Ramaikan Pelantikan Jokowi-Ma`ruf

Kerja sama tersebut berangkat dari Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-Australia, yang diumumkan oleh Jokowi dan Morrison di tahun 2018.

"Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) yang ditandatangani pada bulan Maret tahun ini, akan membantu membuka potensi besar hubungan ekonomi kita, yang menguntungkan kedua negara," jelasnya.

"Saya mengucapkan selamat kepada Presiden Widodo atas kemenangannya dalam pemilihan ini. Semoga, persahabatan yang kuat dan kemitraan yang mendalam antara kedua negara kita dapat terus terjalin," ujar Morrison.

Baca juga : Wamenlu Jepang Siap Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma`ruf

Sejak pertama kali menjabat pada 2014, Presiden Jokowi telah tiga kali mengunjungi Australia. Yakni untuk menghadiri KTT G20 di Brisbane pada 2014, kunjungan kenegaraan pertama ke Australia pada 2017, dan menghadiri KTT Khusus ASEAN-Australia di Sydney pada Maret 2018.

Sementara itu, Indonesia adalah negara pertama yang dikunjungi PM Scott Morrison pada tahun 2018, dalam kapasitasnya sebagai pemimpin.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi dan Morrison sepakat untuk meningkatkan hubungan kedua negara menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif dan mengumumkan kesimpulan dari negosiasi tentang Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.