Dark/Light Mode

Peringati Sumpah Pemuda, Pelajar RI di Paris Beri Masukan ke Nadiem Makarim

Senin, 28 Oktober 2019 00:38 WIB
Peringati Sumpah Pemuda, Pelajar RI di Paris Beri Masukan ke Nadiem Makarim

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelajar Indonesia di Paris memperingari Hari Sumpah Pemuda dengan menggelar diskusi sehari. Temanya: pembangunan SDM menyongsong era Revolusi Industri 4.0

Sekadar info, lebih dari 714 pelajar Indonesia sedang menempuh pendidikan di Prancis. Dari jumlah ini, sekitar 100 orang sedang menempuh studi doktor dengan berbagai bidang studi. Nah, diskusi digelar oleh pelajar doktor yang tergabung dalam Journee des doctorants Indonesiens (JDI). Kegiatan diadakan di Balai Budaya KBRI Paris, dibuka Dubes RI, Bapak Arrmanatha C Nasir. 

Baca juga : Sumpah Pemuda Harus Menjadi Tonggak Baru Hadapi Tantangan Global

Dalam sambutannya Dubes Tata menyampaikan pentingnya kualitas SDM sebagaimana program prioritas Presiden Jokowi. Karena itu Dubes Tata berharap agar para pelajar kita dapat memberikan saran masukan best practice pendidikan di Prancis kepada pemerintah Indonesia. 

Acara dibuka dengan kuliah umum oleh Prof. Warsito, Atdikbud KBRI Paris yang mengangkat topik pendidikan dan pengembangan SDM. Prof. Warsito menyampaikan beberapa PR penting dalam pengembangan SDM; kebijakan dan perundangan yang visioner, budaya identitas dan pendidikan karakter, revitalisasi peran teknologi dalam pendidikan, dan standarisasi kompetensi, serta kemampuan literasi- bahasa.

Baca juga : Pertumbuhan Kredit Baru di Triwulan III-2019 Melambat

Pada sesi berikutnya, seluruh peserta mengadakan diskusi ilmiah yang terbagi menjadi dua kelompok. Kelompak sosial humaniora dan kelompok sains teknologi. Beberapa point hasil diskusi telah diperoleh, diantaranya ketetapan kebijakan pendidikan agar tidak cepat diubah ketika pergantian pimpinan, penguatan literasi di kalangan pelajar, penguatan cinta tanah air.

Setelah melalui kajian dan adaptasi dengan situasi kondisi pendidikan di tanah air, hasil rekomendasi akan diformulasikan untuk disampaikan ke pemerintah Indonesia melalui Menteri Pendidikan Nadiem Makarim[KRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.