Dark/Light Mode

Menang Pilpres 2024, Prabowo Dapat Ucapan Selamat Dari Presiden Dan PM Singapura

Kamis, 21 Maret 2024 19:29 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) saat menerima penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang dari Presiden Singapura Tharman Sanmugaratnam (kiri) di Istana Kepresidenan Singapura, 21 November 2023. (Foto: Kemhan RI)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) saat menerima penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang dari Presiden Singapura Tharman Sanmugaratnam (kiri) di Istana Kepresidenan Singapura, 21 November 2023. (Foto: Kemhan RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam dan Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong menyampaikan ucapan selamat melalui surat, kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam Pilpres 2024 yang digelar pada 14 Februari lalu.

Berdasarkan hasil penghitungan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dirilis pada Rabu (20/3/2024), Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka unggul telak dengan 96.214.691 suara. Jauh meninggalkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang mengantongi 40.971.906 suara dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 27.040.878 suara.

"Atas nama rakyat Singapura, saya ingin menyampaikan ucapan yang tulus atas terpilihnya Anda sebagai Presiden ke-8 Republik Indonesia," kata Tharman dalam surat bertanggal 20 Maret 2024, seperti dikutip Channel News Asia, Kamis (21/3/2024).

Baca juga : Terima Hasil Pemilu, Paloh Ucapkan Selamat Ke Prabowo-Gibran

"Mandat kuat yang Anda terima, menunjukkan tingginya kepercayaan rakyat Indonesia terhadap kemampuan Anda dalam memimpin Indonesia menuju kemajuan yang lebih besar," imbuhnya. 

Tharman mencatat, Singapura dan Indonesia memiliki hubungan kuat yang didukung oleh ikatan kekerabatan dan persahabatan yang saling menghargai. Dia yakin, kepemimpinan Prabowo senantiasa melekatkan Indonesia dan Singapura sebagai teman dekat dan mitra. "Kami bekerja sama untuk memperkuat hubungan bilateral, demi kepentingan rakyat kedua negara," tutur Tharman.

Tharman mengaku gembira, karena telah bertemu Prabowo di Singapura pada November 2023. Kala itu, Prabowo menerima penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Perintah Layanan yang Dibedakan), atas kontribusi signifikannya terhadap penguatan hubungan pertahanan antara Singapura dan Indonesia.

Kontribusi Signifikan

Baca juga : Menang Pilpres, Prabowo Dapat Ucapan Selamat Dari Presiden Swiss Hingga Menlu AS

Seperti halnya Tharman, Lee mengatakan, Prabowo telah memenangkan mandat yang kuat dan jelas dari seluruh rakyat Indonesia.

Di mata Lee, Prabowo memiliki kontribusi yang signifikan dalam membina hubungan baik dan persahabatan Singapura-Indonesia, selama perjalanan kariernya. 

Lee menyebut, dia dan rekan-rekan senegaranya sangat menghargai niat baik dan persahabatan Prabowo, yang terbangun dalam banyak hal selama beberapa dekade terakhir. Ditekankan pula, Singapura selalu menghargai wawasan Prabowo tentang perkembangan regional dan global.

Baca juga : Pengamat: Prabowo-Gibran Simbol Kemenangan Rakyat

Dengan dukungan Prabowo sebagai presiden Indonesia berikutnya, Lee yakin, Singapura dapat membangun fondasi yang kuat untuk memajukan hubungan bilateral dengan Indonesia, demi kepentingan generasi mendatang. Dia pun menyoroti beberapa area pertumbuhan baru seperti ekonomi hijau dan digital, keberlanjutan dan perawatan kesehatan, yang memungkinkan Singapura mengembangkan kerja sama dengan Indonesia.

"Secara regional, ada banyak hal yang dapat dicapai Singapura dan Indonesia, dengan bekerja sama untuk memajukan kepentingan ASEAN," kata Lee.

Tharman dan Lee mendoakan Prabowo agar senantiasa sehat dan sukses, serta berharap bisa segera berjumpa. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.