Dark/Light Mode

ATOM Pavilion Ramai Pengunjung, Animo Warga Rusia Terhadap Nuklir Luar Biasa

Sabtu, 30 Maret 2024 17:47 WIB
Anak-anak Rusia tampak asyik mempelajari berbagai pengetahuan tentang nuklir di ATOM Pavilion, VDNKh, Moskow, Rusia. (Foto: Firsty Hestyarini/Rakyat Merdeka/RM.id)
Anak-anak Rusia tampak asyik mempelajari berbagai pengetahuan tentang nuklir di ATOM Pavilion, VDNKh, Moskow, Rusia. (Foto: Firsty Hestyarini/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Tenaga Nuklir Rusia (Rosatom) gencar mengkampanyekan penggunaan nuklir, dengan berbagai cara. Tak hanya lewat event tahunan ATOMEXPO yang mempromosikan kerja sama nuklir, Rosatom juga mengedukasi masyarakat dengan mendirikan ATOM Pavillion di VDNKh, Moskow yang diresmikan pada November 2023.

Gayung bersambut. Masyarakat Rusia menaruh minat tinggi pada teknologi nuklir, yang menjadi salah satu kebanggaan negaranya.

 

 

Wartawan Rakyat Merdeka/RM.id Firsty Hestyarini yang berkesempatan mengunjungi ATOM Pavilion atas undangan Rosatom, menyaksikan tingginya animo masyarakat setempat terhadap museum khusus atom.

Baca juga : DPD Ingin Pilih Aklamasi Airlangga, Pengamat: Wajar, Sudah Bikin Golkar Berjaya

Di bangunan megah berarsitektur unik yang terdiri dari tiga lantai di atas tanah dan empat lantai bawah tanah, dengan luas total 25 ribu meter persegi, terlihat banyak sekali anak-anak dan remaja. Beberapa di antaranya, bahkan membawa bayi dengan stroller.

 


Mereka terlihat begitu antusias melihat-lihat dan mempelajari pengembangan teknologi nuklir. Serta penggunaannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Seperti pemurnian air minum, teknologi pangan, serta kedokteran.

Mereka juga terlihat gembira, menikmati berbagai arena permainan di pusat edukasi nuklir.

Ini tentunya suatu pemandangan yang Luar biasa, setidaknya dengan dua alasan. Pertama, warga Rusia terlihat begitu mendukung program pemerintahnya, yang serius ingin menjadikan teknologi nuklirnya sebagai yang terbaik di dunia.

Baca juga : Kementan: Panen Raya Jagung Di Tuban Luar Biasa

Kedua, orang tua di Moskow tampak begitu antusias mengambil bagian darı pekerjaan penting: membentuk generasi yang cinta sains. Serta menjaga tingkat literasi yang sudah cukup tinggi. 

Mengutip World Population Review, tingkat literasi Rusia mencapai 100 persen.

“Sehari-harinya, pengunjung Atom Pavilion ini memang banyak. Terutama, di saat weekend. Apalagi, tiketnya juga masih gratis," ujar Sergey Konfetkin, Public Relations Rosatom yang mendampingi tiga media Indonesia: Rakyat Merdeka/RM.id, Kompas, dan ANTARA selama di Moskow.

Seperti dilaporkan Russia Expo, setengah juta penduduk Moskow dan tamu Ibu Kota telah mengunjungi ATOM Pavilion dalam periode 4 November 2023 hingga 30 Januari 2024.

Di Hari Energi 24 Januari 2024, pengunjung ATOM Pavilion dilaporkan mencapai lebih darı 16.500 orang.

Baca juga : Andal Dan Ramah Lingkungan, Makin Banyak Kalangan Industri Beralih Ke Listrik PLN

ATOM Pavilion juga menjadi tuan rumah Kampanye Laboratorium Terbuka Seluruh Rusia, final Slam Sains Seluruh Rusia, 114 kuliah pendidikan yang melibatkan ilmuwan dan pakar terkemuka Rusia, 98 lokakarya, kuis, dan kegiatan pendidikan bagi pengunjung berbagai usia dan keluarga dengan anak-anak.

Selain itu, ATOM Pavilion juga telah menyelenggarakan 91 acara untuk perusahaan industri dan 28 acara Program Kebudayaan Rosatom.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.