Dark/Light Mode

Dipastikan Menag, Paus Ke Sini 3 September

Senin, 1 April 2024 08:00 WIB
Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia, 3 September 2024. (Foto: Reuters/Remo Casilli)
Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia, 3 September 2024. (Foto: Reuters/Remo Casilli)

 Sebelumnya 
Selain itu, kunjungan Paus ke Indonesia salah satunya ialah menghadiri misa. Paus juga akan menghadiri dialog antar tokoh dan umat lintas agama.

Sekjen Keuskupan Agung Jakarta Vincentius Adi Prasojo membenarkan rencana kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia. Namun, ia belum bisa memastikan tanggalnya.

“Kita tunggu pengumuman resmi dari pemerintah,” kata Adi.

Baca juga : Netizen Pro Terapkan TPPU

Dalam rangka menyambut Paus, pihak Keuskupan dan Katedral Jakarta akan membentuk panitia nasional. Mereka akan bertugas dalam segi pelayanan protokoler dan juga keamanan bagi Paus.

Hal itu dikarenakan Paus dijadwalkan akan memimpin misa umat Katolik di Gelora Bung Karno dan sejumlah agenda keagamaan lainnya.

Kunjungan Kepala Negara Vatikan terakhir dilakukan oleh Paus Yohanes Paulus II pada 9 sampai 14 Oktober 1989. Sedangkan yang pertama kali dilakukan oleh, Sri Paus Paulus VI pada 3 Desember 1970.

Baca juga : Serem, Puluhan Ribu Warga DKI Kena TBC

Di dunia maya, kabar kedatangan Paus ke Indonesia disambut gembira warganet. “Semoga Bapak Paus Fransiskus sehat selalu,” ujar @rafaelg35.

Warganet ikut memberikan komentar soal rencana kunjungan Paus ke Indonesia. Seperti disampaikan akun @penikmatkredit. “Alhamdulilah, sugeng rawuh Sri Paus, semoga jadi kado indah untuk dulur-dulur umat Katolik di Indonesia. Dulur-dulur umat muslim turut senang umat Katolik kedatangan pemimpin keagamaannya,” ujarnya.

Akun @jostkoko ikut gembira. Menurut dia, kunjungan Paus ke Indonesia terakhir dilakukan oleh Paus Johanes Paulus II pada 9 Oktober 1989. Sedangkan yg pertama dilakukan oleh Paus Paulus VI pada 3 Desember 1970.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.