Dark/Light Mode

Kumandang Azan Langgam Jawa Di Tenda Ramadan Moskow, Pukau Ratusan Pengunjung

Senin, 1 April 2024 23:30 WIB
Mahasiswa asal Indonesia yang kin menimba ilmu di Rusia, Muhammad Reza Syah Pahlevi saat melantunkan azan dengan langgam Jawa. Foto: Ist
Mahasiswa asal Indonesia yang kin menimba ilmu di Rusia, Muhammad Reza Syah Pahlevi saat melantunkan azan dengan langgam Jawa. Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Kumandang azan magrib berlanggam Jawa mengalun merdu di pelataran Masjid Memorial Moskow, Tusi  Kamis (28/3). 

Azan sebagai penanda ifthar atau waktu berbuka puasa bagi ratusan pengunjung Tenda Ramadan 2024, dilantunkan oleh mahasiswa Indonesia yang kini menimba ilmu di Moscow Aviation Institute, yakni Muhammad Reza Syah Pahlevi. Ia berhasil membawa nuansa Ramadan dari Tanah Air ke jantung Rusia.

Acara bertajuk Malam Indonesia: Selamat Berbuka Puasa (прятного ифтара) yang digelar oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow bersama Badan Spiritual Muslim kota Moskow (BSMM) ini merupakan perayaan budaya Indonesia dalam rangka Ramadan.

"Kami ingin menampilkan suasana gembira Ramadhan di Indonesia," kata Dubes RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus Tavares, yang juga menyampaikan belasungkawa sehubungan aksi teroris di Crocus City Hall Moskow, pada (22/3) lalu.

Baca juga : Pengiriman Bantuan Untuk Korban Gempa Terkendala Kapal, NU Bawean Minta Jokowi Turun Tangan

Usai pembukaan, acara Malam Indonesia ini diisi berbagai pertunjukan. Mulai dari tayangan video wisata Islami di Indonesia, video lini masa 74 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Rusia, dan hafalan ayat Al-Quran oleh anak-anak Indonesia.

Penampilan lagu Ramadhan Tiba dan Insya Allah oleh mahasiswa anggota Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (PERMIRA) Amy Maulana, Perwil Ashari dan Fadel Ahmad juga semakin memeriahkan suasana.

Ada juga testimoni berpuasa Ramadhan di Indonesia dari alumni penerima beasiswa Kementerian Agama RI asal Dagestan, Rusia Magomed Magomedov.

Selain itu, pengunjung ikut mendengarkan tausyiah tentang manfaat puasa bagi kesehatan yang disampaikan oleh Imam masjid Memorial Moskow, Damirzhan Zainutdinov.

Baca juga : Masyarakat Jangan Panik

Sekitar 500 pengunjung yang datang juga disuguhkan berbagai hidangan khas Indonesia seperti sup labu, beef stroganoff, aneka buah, kurma, kue dan biskuit. 

"Ungkapan Selamat Berbuka Puasa" tidak semata ucapan saat ifthar, namun juga ungkapan empati, penghargaan, dan juga doa bagi kesehatan satu sama lain selama berpuasa," tambahnya.

Sebelumnya, kegiatan “Tenda Ramadhan 2024” hari ke-18 ini dibuka oleh Ketua BSMM Mufti Ildar hazrat Alyautdinov. 

Ia menyampaikan apresiasi atas partisipasi kepda KBRI Moskow yang sudah untuk kedua kalinya berpartisipasi di acara tersebut. Ia berharap Indonesia terus berpartisipasi pada tahun-tahun selanjutnya.

Baca juga : Kemendag Tahan HET Migor Selama Ramadan, Ini Alasannya

Even tahunan Tenda Ramadhan yang digelar BSMM sejak 2006 ini merupakan satu-satunya kegiatan ifthar di Rusia yang mengundang partisipasi penampilan seni budaya perwakilan diplomatik asing atau organisasi kemasyarakatan.

Sementara kegiatan bulan Ramadhan di banyak masjid atau cultural center di Rusia hanya ifthar didahului tausyiah sebagaimana umumnya di Indonesia. 

Kali ini, Tenda Ramadhan 2024 makin ramai, diikuti oleh perwakilan kedubes Arab Saudi, Turki, Kyrgystan, Kazakstan, Qatar, Uzbekistan, Turkmenistan, Azerbaijan, Tajikistan, Iran, Afghanistan, berbagai subyek federal dan ormas di Rusia. 

Kegiatan Malam Indonesia ini diakhiri dengan quiz mengenai Indonesia yang dipandu oleh Damir Safayev. MC yang tampil mengenakan baju batik dan peci ini memperebutkan 10 hadiah suvenir khas Indonesia kepada pemenangnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.