Dark/Light Mode

Dubes Palestina Zuhair Al Shun Beri Apresiasi Tertinggi Untuk Menlu Retno

Kamis, 4 April 2024 07:21 WIB
Dubes Zuhair Al Shun (kanan) saat menyerahkansebuah lukisan Dome of Rock sebagai buah tangandari para dubes negara Arab untuk Menlu Retno Marsudi, diKementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (2/4/2024). (Foto: Istimewa)
Dubes Zuhair Al Shun (kanan) saat menyerahkansebuah lukisan Dome of Rock sebagai buah tangandari para dubes negara Arab untuk Menlu Retno Marsudi, diKementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (2/4/2024). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gencarnya Pemerintah Indonesia menyuarakan keadilan untuk Palestina mendapat apresiasi para duta besar (dubes) dari negaranegara Arab.

Sebagai bentuk apresiasi, mereka memberikan penghargaan kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi.

“Seluruh rakyat Indonesia terlibat dalam mendukung perjuangan Palestina. Saya hargai keaktifan Anda di berbagai organisasi internasional dalam memperjuangkan Palestina,” ujar Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun, bersama 20 Dubes negara Arab, saat menyampaikan penghargaan kepada Menlu Retno di kantornya di Kementerian Luar Negeri, Ja karta, Selasa (2/4/2024).

Dalam pertemuan yang berlangsung lebih dari satu jam itu, para dubes dan diplomat perwakilan Kedubes negara-negara Arab secara bergantian menyampaikan penghargaan tinggi atas kepemimpinan Indonesia dalam isu Palestina.

Baca juga : Lembaga Kebudayaan Betawi Apresiasi Pengesahan RUU DKJ

Mereka mengaku memperhatikan dengan saksama semua langkah yang telah dilakukan selama ini oleh Indonesia untuk isu Palestina.

Lebih lanjut, Dubes Al Shun menjelaskan kondisi terkini di Palestina. Dia yakin, dukungan konsisten dari Indonesia akan menular ke negara lain.

“Terima kasih untuk terus memperjuangkan hak kami yang dirampas zionis. Semoga kita bisa melihat Palestina merdeka secepat mungkin,” harap Al Shun.

Dia menambahkan, Palestina dan negara-negara di Timur Tengah yakin Indonesia tidak akan pernah berubah.

Baca juga : Indonesia Juarai All England Open 2024, BNI Beri Apresiasi Tertinggi

“Kami sekali lagi menyampaikan salam hormat kami kepada Presiden Indonesia dan juga seluruh bangsa Indonesia atas dukungannya yang senantiasa konsisten terhadap isu Palestina,” tutupnya.

Sementara, Menlu Retno menyampaikan, pentingnya kesatuan sikap dan posisi dalam mendukung perjuangan bangsa Palestina. Dia menyarankan, negara-negara Arab dapat fokus pada tiga hal utama.

Pertama, memastikan implementasi Resolusi 2728 (2024) yang memuat isu gencatan senjata.

“Indonesia menyambut baik resolusi tersebut. Namun, demikian kita semua memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan resolusi tersebut dapat diimplementasikan dan dihormati oleh Israel,” terang Retno.

Baca juga : Hore! Pemerintah Berikan Cuti Melahirkan Untuk PNS Pria

Mantan dubes Indonesia di Belanda itu menyampaikan sudah banyak resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai Palestina. Jika Resolusi resolusi tersebut diimplementasikan, situasi Palestina tidak akan seperti saat ini.

Menlu Retno menyayangkan bahwa setelah resolusi 2728 tersebut dikeluarkan, Israel tetap melanjutkan serangannya.

Fokus kedua, mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB. Indonesia teguh mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB dan mengajak negara lain untuk melakukan hal yang sama.

Terakhir, mendukung upaya untuk menyelamatkan Badan Pekerjaan dan Pemulihan Perserikatan Bangsa Bangsa untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA), mengingat peran organisasi tersebut dalam membantu pengungsi Palestina.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.