Dark/Light Mode

Gus Falah Raih Suara Tertinggi di Dapil Jatim X

Jumat, 23 Februari 2024 21:00 WIB
Nasyirul Falah Amru (Gus Falah), Caleg DPR RI Dapil Jawa Timur X dari PDI Perjuangan.
Nasyirul Falah Amru (Gus Falah), Caleg DPR RI Dapil Jawa Timur X dari PDI Perjuangan.

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara Pemilu 2024, mulai melakukan penghitungan suara secara nasional.

Hitungan sementara hasil Pemilu oleh KPU, termasuk hasil sementara Pemilihan Legislatif (Pileg) dapat diakses melalui pemilu2024.kpu.go.id/pilegdpr/hitung-suara.

Adapun suara yang sudah masuk untuk pemilihan legislatif (Pileg) DPR RI Dapil Jawa Timur (Jatim) X, hingga Kamis 22 Februari 2024 Pukul 23.00 WIB, sudah mencapai 75,72 persen, yang berasal dari 5.926 tempat pemungutan suara (TPS).

Di Dapil Jatim X ada total 7.826 TPS. Berdasarkan suara yang masuk, Nasyirul Falah Amru atau Gus Falah menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang meraih suara tertinggi di Dapil Jatim X.

Baca juga : LKI Bangga Golkar Raih Suara Signifikan di Pemilu 2024

Caleg dari PDI Perjuangan itu meraih 95.371 suara.

Di posisi kedua ditempati oleh Caleg Partai Nasdem, Jiddan yang memperoleh 49.724 suara.

Perolehan suara Jiddan diikuti oleh Caleg Gerindra, Khilmi yang meraih 48.810 suara.

Dapil Jawa Timur X meliputi Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Gresik.

Baca juga : Brio Dan HR-V Penyumbang Penjualan Tertinggi Honda Di Januari 2024

Tingginya perolehan suara Gus Falah ini turut berpengaruh pada perolehan kursi PDI Perjuangan di Dapil Jatim X.

Bila dihitung menggunakan metode Sainte Lague, maka diperkirakan PDI Perjuangan akan mendapatkan dua kursi DPR-RI dari Dapil ini.

Selain Gus Falah, Caleg PDI Perjuangan Nila Yani Hardiyanti diprediksi lolos ke Senayan dengan perolehan suara sementara 47.715.

Keunggulan Gus Falah ini menjadi indikator keberhasilan putra dari ulama NU, KH Amru Al Mu’tasyim, itu lolos ke DPR-RI untuk periode ketiga.

Baca juga : Caleg Banteng Ketar-ketir Tak Dilantik Mega

Sebelumnya, Gus Falah sudah menyandang amanat sebagai Wakil Rakyat di DPR-RI pada periode 2014-2019 serta 2019-2024.

“Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat luas, relawan Srikandi Lamongan, para Comando,relawan Bengawan Jero, relawan RGS Gresik, relawan Sehati, relawan Pantura, pasukan Gorong-Gorong, pasukan 'Burung Hantu', alim ulama, para tokoh serta warga NU se-Kabupaten Gresik dan Lamongan. Ini adalah amanat yang harus saya laksanakan sebaik-baiknya, " ujar Gus Falah, Jumat (23/2/2024).

"Saya haturkan juga terima kasih kepada struktural partai terutama PAC, Ranting, serta Anak Ranting PDI Perjuangan se Kabupaten Gresik dan Lamongan, yang telah membantu kerja-kerja saya dalam melayani masyarakat selama ini,” tambahnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.