Dark/Light Mode

KBRI Bandar Seri Begawan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H Berjemaah

Kamis, 11 April 2024 12:47 WIB
KBRI Bandar Seri Begawan menggelar shalat Idul Fitri 1445 H di halaman KBRI Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam pada Kamis (11/04/2024). (Foto: Dok KBRI Bandar Seri Begawan)
KBRI Bandar Seri Begawan menggelar shalat Idul Fitri 1445 H di halaman KBRI Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam pada Kamis (11/04/2024). (Foto: Dok KBRI Bandar Seri Begawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - KBRI Bandar Seri Begawan menggelar shalat Idul Fitri 1445 H di halaman KBRI Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam pada Kamis (11/04/2024).

Tampak lebih dari 1.500 warga Indonesia datang berbondong-bondong untuk menunaikan Shalat Ied berjemaah.

“Alhamdulillah, shalat Idul Fitri di KBRI Bandar Seri Begawan berlangsung dengan tertib dan khusyuk. Mudah-mudahan shalat berjemaah di ruang terbuka seperti ini bisa sedikit mengobati rasa rindu teman-teman WNI akan suasana lebaran di tanah air” ujar Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Prof. Achmad Ubaedillah usai melaksanakan shalat Ied.

Gema takbir berkumandang di halaman KBRI Bandar Seri Begawan sejak pagi hari yang dipimpin oleh Ust. Rustam Harahap dan diikuti oleh seluruh jemaah yang hadir, yang kemudian dilanjutkan dengan shalat Ied berjemaah yang diimami oleh Ust. Minfahdlillah Abdul Hamid.

Baca juga : Sekjen Gibran Center: Jadikan Idul Fitri 1445 H Momentum Rekonsiliasi Nasional

Bertindak sebagai khatib adalah Prof. Media Zainul Bahri, Guru Besar pada Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dalam khotbahnya, Media Zainul Bahri mengajak jemaah yang hadir untuk memanfaatkan momen lebaran ini guna memperkuat dan memperkokoh tali persaudaraan antar sesama.

Secara fisik puasa dapat membuat tubuh manusia menjadi lemah dan resesif namun hal itu diimbangi dengan menguatnya rohani dan kebathinan yang membuat kita menjadi lebih peka dan lebih memiliki rasa empati dan simpati.

Suasana lebaran yang dihiasi dengan saling memaafkan dan menyambung tali kasih silaturahmi, harus dapat memperkuat ukhuwah Islamiyah atau persaudaran antarsesama umat Islam.

Baca juga : Alumni Beasiswa RI Ikut Salat Idul Fitri 2024 di KBRI Addis Ababa

"Lebih dalam lagi kita perlu memupuk rasa toleransi dan tenggang rasa agar kita bisa mempererat ukhuwah wathaniyah atau persaudaraan antar anak bangsa," katanya.

Usai shalat Ied dan halal bihalal di KBRI Bandar Seri Begawan, Dubes Ubaedillah didampingi Siti Rif’ah bergegas menuju Istana Nurul Iman memenuhi undangan Sultan Hassanal Bolkiah.

Sebagaimana pada setiap Hari Raya, Sultan Hassanal Bolkiah menggelar open house dengan mengundang seluruh pejabat tinggi Brunei dan Kepala Perwakilan negara-negara asing di Brunei untuk merayakan hari lebaran bersama-sama.

Berbeda dengan Indonesia, Pemerintah Brunei menetapkan tanggal 1 Syawal 1445 H jatuh pada tanggal 11 April 2024.

Baca juga : Di Bawah Guyuran Hujan, WNI Antusias Ikut Salat Idul Fitri Di KBRI Beijing

Penetapan ini sesuai hasil rukyah yang disahkan pada tanggal 9 April 2024 oleh Ketua Hakim Syarie, yang disaksikan oleh Mufti Kerajaan dan pejabat-pejabat pada Mahkamah Syariah, Jabatan Kehakiman Negara, Kementerian Agama dan Kementerian Pembangunan, setelah melakukan pengamatan anak bulan di empat lokasi di wilayah Brunei.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.