Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cetak Sejarah, Indonesia Terima Rumah Adat Marae Dari Suku Maori Hawkesbay

Sabtu, 9 November 2019 13:58 WIB
Foto: KBRI Wellington
Foto: KBRI Wellington

RM.id  Rakyat Merdeka - Sabtu, 9 November 2019 menjadi hari bersejarah dalam hubungan people to people Indonesia dan Selandia Baru. Pertama kalinya dalam sejarah, masyarakat adat Maori di Hawkesbay "menyerahkan" rumah adat (Marae) kepada masyarakat Indonesia, sebagai manifestasi persaudaraan yang sangat dalam.

"Penyerahan" seperti ini belum pernah dilakukan sebelumnya kepada masyarakat negara sahabat lainnya.

Baca juga : Bamsoet: Empat Pilar MPR Prasyarat Bangsa Indonesia Berdiri Kukuh dan Raih Kemajuan

"Atas nama Presiden dan rakyat Indonesia, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada masyarakat Maori di Hawkesbay atas kepercayaan ini. Penyerahan Rumah Adat adalah bentuk tertinggi dari rasa persaudaraan masyarakat Maori dengan bangsa lain," ujar Duta Besar (Dubes) RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya dalam keterangan tertulis yang diterima RMco.id, Sabtu (9/11).

Tim KBRI Wellington selama ini memang giat menggalang persaudaraan dengan masyarakat Maori dan masyarakat Pasifik lainnya, melalui aneka kegiatan bernuansa budaya dan ekonomi.

Baca juga : Pariwisata Indonesia Bergeliat di Latvia

Misalnya saja, konser persaudaraan The Symphony of Friendship yang mengangkat persamaan musik Indonesia (timur) dengan musik Maori, serta pameran dagang, investasi dan pariwisata "Pacific Exposition" pada Juli lalu.

Sebelumnya, event seperti ini belum pernah dihelat di Pasifik. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.