Dark/Light Mode

Pariwisata Indonesia Bergeliat di Latvia

Jumat, 1 November 2019 10:20 WIB
Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Swedia dan Republik Latvia Bagas Hapsoro.(Foto KBRI Stockholm)
Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Swedia dan Republik Latvia Bagas Hapsoro.(Foto KBRI Stockholm)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketertarikan masyarakat Latvia berwisata ke Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Untuk mendorong agar kunjungan wisata ke Indonesia terus bergeliat, Kedutaan Besar RI (KBRI) Stockholm menggandeng para agen travel setempat untuk mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia kepada masyarakat Latvia. 

Bekerja sama dengan Asien Paradisresor dan DMC NTT Indonesia serta Turkish Airlines, KBRI Stockholm menyelenggarakan road show dan business meeting (B to B) dengan operator tur dan agen travel dari Latvia di Riga, Latvia.   

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Swedia dan Republik Latvia Bagas Hapsoro mengatakan pariwisata yang berkelanjutan tidak sekadar bepergian dan menikmati suatu destinasi wisata. 

Baca juga : Coklat Indonesia Bersaing di Paris, Siap Tembus Pasar Dunia

 "Namun, memiliki arti yang lebih dalam bagaimana pariwisata juga memberikan kontribusi besar dan dampak positif bagi pelestarian alam, lingkungan hidup, dan masyarakat lokal," katanya dalam siaran pers, Kamis (31/10/2019).  

Bagas mengajak pemangku kepentingan wisata Latvia bekerja sama dan turut mempromosikan Indonesia yang berkelanjutan. Selain keindahan alam, kekayaan budaya, dan keramahan masyarakatnya, Indonesia menawarkan kemudahan bebas visa selama 30 hari bagi turis Latvia.

Kegiatan itu berlangsung Rabu(30/10). Dihadiri 28 orang yang berasal dari 20 Travel Agen, juga wakil dari Asosiasi Travel Agen Latvia.

Baca juga : Bamsoet Ajak Pelajar Indonesia Terapkan Nilai Luhur Pancasila

Kegiatan B to B meeting berlangsung intensif antara agen travel Latvia dan Indonesia yang membahas paket untuk destinasi baru dan Bali yang masih menjadi magnet kunjungan wisatawan Latvia.

Kunjungan wisatawan Latvia ke Indonesia menunjukan tren meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data Kementerian Pariwisata, kunjungan wisatawan selama empat tahun sejak 2015 hingga 2018, meningkat 122 persenbdengan potensi yang besar pada masa mendatang.

Kegiatan business meeting (B to B) dimanfaatkan pula untuk berbagi pengalaman oleh influencer Latvia, Alina Lisina, yang pernah berlibur ke Bali untuk berbulan madu, piknik bersama keluarga, bermeditasi, dan yoga. 

Baca juga : Soal Brexit, Inggris Plintat Plintut

 Berikutnya, Asien Paradisresor mempresentasikan destinasi Indonesia di luar Bali, seperti Lombok, Raja Ampat, Borobudur, dan Tana Toraja.  Adapun DMC Nusa Tenggara Timur mempresentasikan objek wisata di Flores, khususnya Labuan Bajo.   

CEO Turkish Airlines mempresentasikan berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh maskapai itu, khususnya jadwal penerbangan dari Riga, sebanyak tiga kali sepekan ke Jakarta dan Bali.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.