Dark/Light Mode

Dubes RI Iwan Bogananta Perkuat Kerja Sama Cetak Ribuan TKI Ke Albania

Kamis, 16 Mei 2024 21:23 WIB
KBRI Sofia menggela pertenuan untuk membahas Fungsi Ekonomi KBRI Sofia ke Albania untuk menggarap kerja sama ketenagakerjaan dengan Albania. (Foto: Dok. KBRI Sofia)
KBRI Sofia menggela pertenuan untuk membahas Fungsi Ekonomi KBRI Sofia ke Albania untuk menggarap kerja sama ketenagakerjaan dengan Albania. (Foto: Dok. KBRI Sofia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menindaklanjuti pertemuan Dubes RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan dan Makedonia Utara Iwan Bogananta dengan Perdana Menteri Albania, Edi Ramna pada awal tahun 2022 lalu.

Dubes Iwan mengutus Fungsi Ekonomi KBRI Sofia ke Albania untuk menggarap kerja sama ketenagakerjaan dengan Albania.

Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Sofia, Irvan Fahrizal diterima langsung oleh Deputy Minister of Economy, Culture and Innovation, Olta Manjani dan Albin Gega, General Director of Employment, VET and Social Insurance Policies, Kamis (16/5/2024).

Baca juga : Menko Hadi Bahas Kerja Sama Keamanan & Penanggulangan Teroris Dengan Turki

Dalam pertemuan tersebut Olta mengatakan bahwa Albania membutuhkan banyak tenaga kerja dalam sektor pariwisata, industri manufaktur dan pertanian.

Menurutnya, sampai saat ini pemerintah Albania dibawah Kementerian Ekonomi, Budaya dan Inovasi sudah mulai melakukan kerjasama dengan beberapa negara pengekspor manpower diataranya adalah Philipina.

"Indonesia adalah negara yang memiliki populasi besar, dan dia melihat Indonesia cukup sukses menjalankan industri pariwisata. Untuk itu kami berharap bisa menandatangani kerjasama awal tenaga kerja di sektor pariwisata" ujar Olta.

Baca juga : Dubes Tavarez Dan PM Dagestan Sepakat Perkuat Hubungan Bilateral

PF. Ekonomi, Ivan Fachrizal menyampaikan pesan langsung Dubes RI, bahwa Dubes Iwan berharap pihak Albania dalam waktu dekat untuk dapat berkunjung ke Indonesia untuk membahas draft awal kerja sama dengan Indonesia dan sekaligus menyaksikan Tourism Expo yang diselenggarakan di Bali pada 10-14 Juni 2024.

"Kami sangat berterimakasih atas respon dan antusias positif Dubes Iwan untuk bekerjasama secara G to G dengan pemerintah Albania, dalam kesempatan pertama kami akan bersurat secara resmi ke KBRI Sofia," ujar Olta.

Menurutnya hal itu ntuk menyampaikan ketertarikan kami dengan manpower asal Indonesia dan kami juga akan menyampaikan zero draft awal agar ke depan MoU kerjasama bisa segara disepakati.

Baca juga : Dubes Iwan Bogananta Ajak Komisi 1 DPR RI Kunjungi Pabrik Rendang Di Bulgaria

Albania adalah negara yang memiliki garis pantai yang Indah. Saat ini negara tersebut tengah giat membangun publik resor, vila, hotel dan beberapa infrastruktur untuk pengembangan sektor pariwisata.

Hadir dalam pertemuan Pelaksana Fungsi Ekonomi, Irvan Fachrizal Kepala Kanselerai KBRI Sofia, Murdi Primbani dan Kandidat Konhor untuk Tirana, Fatmir Merkaj.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.