Dark/Light Mode

KBRI Addis Ababa Luncurkan Buku Afrika Dalam Pandangan Pemuda Indonesia

Senin, 27 Mei 2024 20:32 WIB
Dubes Al Busyra Basnur (tengah depan) di acara peluncuran dan diskusi buku berjudul Afrika Dalam Pandangan Pemuda Indonesia yang digelar secara hybrid Minggu (26/5/2024) .(Foto: KBRI Addis Ababa)
Dubes Al Busyra Basnur (tengah depan) di acara peluncuran dan diskusi buku berjudul Afrika Dalam Pandangan Pemuda Indonesia yang digelar secara hybrid Minggu (26/5/2024) .(Foto: KBRI Addis Ababa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Afrika yang terdiri dari 54 negara dengan penduduk 1,5 miliar adalah sebuah benua yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan kerja sama tidak hanya bagi Indonesia, juga dunia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Afrika menunjukkan perkembangan yang penting dan pesat terutama di bidang ekonomi.

Oleh karena itu, Indonesia dengan semua stakeholder yang ada perlu mengembangkan inovasi dan mencari terobosan baru dengan memanfaatkan secara maksimal semua potensi yang ada, baik ekonomi, sosial maupun budaya.

Apalagi Indonesia pernah menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika, 18-24 April 1955 dan akan menyelenggarakan Indonesia-Africa Forum ke-2, di Bali 3-4 September 2024.

Baca juga : PDIP Bentuk Tim Pemenangan Pilkada Nasional

Hal itu mengemuka dalam acara peluncuran dan diskusi buku berjudul “Afrika Dalam Pandangan Pemuda Indonesia”, yang digelar secara hybrid Minggu (26/5/2024).

Buku tersebut merupakan kumpulan tulisan 28 tokoh pemuda Indonesia yang diterbitkan oleh Kedutaan Besar RI di Addis Ababa.

Acara peluncuran diselenggarakan KBRI Addis Ababa bekerjasama dengan Rumah Millennials Indonesia dan Indonesia-Ethiopia Youth Association.

Tampil sebagai pembicara kunci Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, Wakil Rektor Universitas Airlangga dan Taufan Teguh Akbari, Ph.D Wakil Rektor III London School of Public Relations (LSPR).

Baca juga : Mangapul Silalahi Luncurkan Buku "Hitungan Jari Yang Sampai" Di Jakarta

Sementara pembicara lainnya adalah Dewi Justicia Meidiwaty, Direktur Afrika Kemenlu RI ; Dr. Pinky Saptandari dari Universitas Airlangga ; Irfan Wahyudi, Ph.D, Wakil Dekan FISIP, Universitas Airlangga ; Mulawarman, Ph.D., dari Universitas Sriwijaya.

Hadir pula Mardianto Marpaung, Ph.D dari Ethiopia Adventist College dan Kevin Alwino, M.Ikom, Ketua Rumah Millennial Indonesia dan Founder Indonesia-Ethiopia Youth Association. Acara ini dipandu Ibnu Yusina, pemuda Indonesia di Ethiopia.

Duta Besar Al Busyra Basnur mengatakan, penerbitan buku ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik di kalangan masyarakat Indonesia tentang potensi Afrika sekarang dan ke depan dari sudut pandang anak muda Indonesia.

Dubes Al Busyra menambahkan, dalam empat tahun terakhir, KBRI Addis Ababa telah menerbitkan 10 buku.

Baca juga : UII Gandeng MMD Initiative Luncurkan Pusat Studi Agama Dan Demokrasi

Selain Dubes Al Busyra, buku tersebut juga ditulis oleh para tokoh pemuda, akademisi, pengusaha dan bahkan pelajar Sekolah Menengah di Indonesia dan Ethiopia.

Acara peluncuran dan diskusi buku dihadiri lebih 100 peserta tidak hanya dari Ethiopia dan Indonesia, juga dari berbagai negara lain di Asia dan Afrika terutama diaspora Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.