Dark/Light Mode

Mangapul Silalahi Luncurkan Buku "Hitungan Jari Yang Sampai" Di Jakarta

Jumat, 24 Mei 2024 22:51 WIB
Mangapul Silalahi (jas hitam).
Mangapul Silalahi (jas hitam).

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Wakil Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Golf Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Mangapul Silalahi meluncurkan buku berjudul 'Hitungan Jari Yang Sampai' di Auditorium RRI Pusat, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (24/5/2024). 

Buku ini mengkisahkan tentang kenangan, renungan dan catatan pribadi Mangapul Silalahi. Mulai saat menjadi aktivis 98 hingga sekarang sebagai advokat. "Esensi buku ini sederhana. Kalau mau dikenang bicaralah seperti orator. Menuslislah seperti wartawan. Kalau tidak menulis, ya kau punah," kata Mangapul. 

Kata Mangapul, menulis itu pekerjaan mudah. Asalkan mau bergerak menuangkan segala ide yang ada di otak dalam bentuk tulisan. 

Baca juga : Sudirman Said Masuk Radar NasDem Diusung Jadi Cagub DKI Jakarta

"Generasi muda saat ini membutuhkan banyak literasi. Namun, yang terpenting saya mau katakan, bahwa manusia seutuhnya itu punya kemandirian baik dalam pikiran maupun dalam tindakan," ujarnya. 

Mangapul menegaskan konstitusi Indonesia membebaskan rakyatnya untuk menyampaikan pendapat. Hal itu diatur dalam Pasal 28F Undang-Undang Dasar 1945. 

"Sekalipun dia punya pilihan baik pilihan politik maupun apapun, dia tetap punya namanya otonom dalam dirinya dan dia berhak mengutarakan itu, tanpa tekanan, tanpa batasan apapun," tegas aktivis 98 itu. 

Baca juga : Pemdaprov Jabar Luncurkan Geber Si Jumo dan Jamillah di Majalengka

"Kadang-kadang kan kita takut menyuarakan apa yang kita pikirkan. Kita khawatir karena ketakutan akan posisi jabatan kehilangan sesuatu, tidak. Padahal akhirnya nanti kan semua akan berakhir. Banyak yang terpanggil, sedikit yang terpilih dan hitungan jari yang sampai," sambung dia. 

Selain itu, Mangapul menjelaskan buku ini mengandung histroris perjalanan hidupnya sebelum menjadi aktivis yang ikut melengserkan Presiden ke-2 Soeharto. 

"Jadi yang harus dicatat juga peristiwa 98 itu bukan peristiwa tunggal ya. Ada rangkaian sejarah, jadi 98 itu hanya sebuah momentum saja. Lain sebelum itu, banyak. Saya 89 itu masih SMA, tapi selebaran (ajakan demo) sudah dapat," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.