Dark/Light Mode

Dukung Gencatan Senjata

Prabowo: Kalau Diminta PBB, Indonesia Siap Kirim Pasukan Perdamaian Ke Gaza

Sabtu, 1 Juni 2024 17:19 WIB
Dukung Gencatan Senjata Prabowo: Kalau Diminta PBB, Indonesia Siap Kirim Pasukan Perdamaian Ke Gaza

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden terpilih Prabowo Subianto menegaskan kesediaan Indonesia untuk mengirim pasukan penjaga perdamaian, demi mendukung gencatan senjata di Gaza, jika diperlukan.

Prabowo menilai, proposal tiga fase gencatan senjata Israel yang diumumkan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, merupakan langkah ke arah yang benar.

Baca juga : Moderasi Beragama Cara Indonesia Ciptakan Perdamaian & Persatuan

"Ketika dibutuhkan dan ketika diminta oleh PBB, kami siap menyumbangkan pasukan penjaga perdamaian dalam jumlah signifikan, untuk mempertahankan dan memantau potensi gencatan senjata. Serta memberikan perlindungan dan keamanan kepada semua pihak,” papar Prabowo dalam acara Shangri-La Dialogue di Singapura, seperti dikutip Reuters, Sabtu (2/6/2024).

Prabowo yang saat ini menjabat Menteri Pertahanan, mengaku telah menerima instruksi dari Presiden Jokowi untuk menyampaikan kesiapan Indonesia dalam mengevakuasi, menerima, dan merawat 1.000 pasien korban perang Gaza.

Baca juga : WWF Ke 10 Berakhir, Indonesia Akan Serahkan Palu Kepemimpinan Ke Arab Saudi

RS Indonesia di Gaza, yang dijalankan oleh organisasi non-pemerintah, ditutup pada November 2023 di tengah pertempuran yang berlangsung sengit antara Israel dan Hamas.

Dalam konferensi keamanan antar negara yang digelar tahunan, Prabowo juga menekankan pentingnya penyelidikan komprehensif terhadap bencana kemanusiaan di daerah Rafah, wilayah selatan Gaza. Harus dicari solusi yang adil untuk konflik tersebut.

Baca juga : Dubes Jepang Untuk Indonesia Masaki Yasushi Serahkan Penghargaan Kepada Persada Jabar

"Itu tak hanya menyangkut hak hidup Israel, tetapi juga hak rakyat Palestina untuk memiliki tanah air dan negara sendiri, serta hidup damai," tegas Prabowo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.