Dark/Light Mode

Dubes Inggris Untuk Indonesia Dominic Jermey Berpantun Ria Di Perayaan Ultah Raja Inggris

Sabtu, 8 Juni 2024 07:31 WIB
Potong Kue: Dubes Inggris untuk Indonesia Dominic Jermey (kiri) bersama Menteri ESDM Arifin Tasrif (kedua kiri), Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN Ekkaphab Phanthavong (kedua kanan) dan Dubes Inggris untuk ASEAN Sarah Tiffin memotong kue di perayaan Ulang Tahun Raja Charles III, di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Foto: X/Demokrat TV)
Potong Kue: Dubes Inggris untuk Indonesia Dominic Jermey (kiri) bersama Menteri ESDM Arifin Tasrif (kedua kiri), Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN Ekkaphab Phanthavong (kedua kanan) dan Dubes Inggris untuk ASEAN Sarah Tiffin memotong kue di perayaan Ulang Tahun Raja Charles III, di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Foto: X/Demokrat TV)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perayaan ulang tahun Raja atau King's Birthday Party (KBP) Charles III di Jakarta, berlangsung meriah di Ritz Carlton Hotel, Kamis (6/6/2024) malam. Tuan rumah all out memanjakan para tamunya yang sudah mulai berdatangan sejak pukul 17.30 WIB.

Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia Dominic Jermey tampak wara-wiri bersama Dubes Inggris untuk ASEAN Sarah Tiffin. Ke­duanya sibuk memandu tamu VIP (Very Important Person) menuju ruang tunggu. Antara lain mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Ener­gi dan Sumber Daya Mine­ral (ESDM) Arifin Tasrif, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimirti Yudho­yono, mantan Gubernur Jakar­ta Anies Baswedan, mantan Gu­bernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Para tamu lainnya dipersilakan memasuki area ballroom yang sudah dihias dengan berbagai pernak-pernik khas Negeri Ratu Elizabeth. Seperti cut out London Bridge London dan Big Ben, booth telepon umum khas yang berwarna merah hingga spot foto dan video 360°.

Suguhan berupa makanan bite size selalu tersedia di meja-meja kecil bersama minuman ringan dan aneka wine

Menjelang acara dimulai, para tamu dibuat terpukau dengan penampilan British army band, Colchester. Mereka memainkan sejumlah lagu populer untuk menemani para tamu sambil menyaksikan tayangan video mengenai pencapaian kerja sama Inggris-Indonesia selama 75 tahun.

Baca juga : Dubes RI Untuk Australia Siswo Pramono Gelar Indonesia Day Di Sekolah Bahasa

Saat acara dimulai, para tamu diajak mendengarkan lagu kebangsaan Inggris God Save The Queen, ASEAN Way dan Indonesia Raya yang dimainkan personel Colchester.

Sebelum para tamu diajak melakukan toast untuk kesehatan Raja Charles III, Dubes Jermey dan Dubes Tiffin melemparkan sebuah pantun. Para tamu pun menyahut dengan antusias.

“Jalan-jalan ke Kota Tua,” ucap Dubes Jermey, yang disahuti ‘cakep’ oleh para tamu.
“Jangan lupa membeli pepaya,” lanjut Dubes Tiffin.
“75 tahun Inggris dan Indonesia,” sambung Dubes Jermey.
“Bersama kita bisa,” kedua dubes bersamaan mengakhiri pantun. Para tamu pun bertepuk tangan.

Dalam sambutannya, Dubes Jermey bangga dengan Indonesia yang berhasil menyelenggarakan Pemilu terbesar di dunia pada 14 Februari lalu.

“Melihat nilai demokrasi da­lam Pemilu Indonesia adalah hal fundamental yang memperkuat kesamaan antara kedua negara,” ujarnya.

Baca juga : Dubes Australia Untuk Indonesia Penny Williams Ajak Sandiaga Uno Nobar Film Blueback

Inggris berharap terus bekerja sama dalam menghadapi perubahan iklim dan memba­ngun perdamaian dunia serta berkolaborasi di berbagai bidang untuk meningkatkan kesejahte­raan bersama. Termasuk dengan ASEAN.

Sedangkan Dubes Tiffin berharap agar Inggris, Indonesia dan ASEAN saling berkola­borasi untuk menciptakan perdamaian dunia. 

Saat berbincang-bincang de­ngan media di sela acara KBP, Dubes Jermey mengungkapkan kegembiraannya merayakan 75 tahun hubungan persahabatan Indonesia-Inggris.

Menurut Dubes Jermey, ada banyak yang bisa dirayakan, mulai dari pendidikan, investasi, hingga kolaborasi dalam menyelamatkan bumi dari perubahan iklim.

“Kami juga bekerja sama da­lam bidang pertahanan maritim. Investasi dan pertahanan antara Indonesia dan Inggris cukup kuat. Saya sangat senang karena banyak perusahaan Inggris yang membantu persenjataan militer Indonesia,” katanya.

Baca juga : Dubes China Untuk Indonesia Lu Kang Masa Tugas Berakhir, Pamitan Ke Netizen +62

Dubes Jermey juga menyoroti potensi besar Indonesia dalam hal kuliner dan budaya.

“Sejujurnya, kami sangat membutuhkan makanan dan bu­daya kalian. Jadi tolong, berbagilah dengan kami,” tutupnya, sambil tersenyum semringah.

Acara KBP tersebut juga menyajikan makanan khas Inggris seperti Fish and Chips, berbagai hidangan barat, dan penampilan musik yang membawakan lagu-lagu band asal Inggris dari tahun 1970-an, 1980, 1990 hingga akhir 2020. Para tamu menikmati acara sambil menari bersama.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.