Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Australia Siswo Pramono Gelar Indonesia Day Di Sekolah Bahasa

Jumat, 7 Juni 2024 07:18 WIB
Dubes Siswo Pramono (keenam kanan berdiri) bersama guru dan siswa Sekolah Bahasa NSW. (Foto: Dok. KBRI Canberra)
Dubes Siswo Pramono (keenam kanan berdiri) bersama guru dan siswa Sekolah Bahasa NSW. (Foto: Dok. KBRI Canberra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Canberra dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Sydney, dengan dukungan Australia-Indonesia Business Council (AIBC), menyelenggarakan acara Indonesia Day di Sekolah Bahasa New South Wales (NSW School of Language).

Dalam keterangan tertulis KBRI Canberra, Senin (3/6/2024), acara tersebut diadakan se­bagai sarana untuk meningkatkan komitmen dalam menyebarkan pembelajaran dan penggunaan Bahasa Indonesia di Australia.

Selain itu, acara itu juga dimaksudkan untuk mempromosikan Bahasa Indonesia kepada para siswa dan orang tua murid Sekolah Bahasa New South Wales.

Baca juga : Dubes RI Untuk Inggris Desra Percaya Live Di Instagram Bareng Dubes Irlandia

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Australia, Siswo Pramono menyampaikan, bahwa acara tersebut sangat tepat untuk merayakan hubungan bilateral Indonesia-Australia yang memasuki usia 75 tahun.

Dia mengatakan, 75 tahun lalu Indonesia masih merupakan ne­gara tertinggal. Namun sekarang, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia termasuk dalam 10 terbesar di dunia sehingga masuk dalam keanggotaan G20.

“Indonesia akan semakin pen­ting bagi Australia dan begitu juga sebaliknya. Penguasaan bahasa Indonesia akan memberikan nilai tambah bagi Australia untuk bisa mengenal Indonesia dan menavigasi Abad Asia, yang sebentar lagi akan datang,” ujarnya.

Baca juga : Dubes RI Untuk Vietnam Denny Abdi Dukung Pelajar Indonesia Di ASEAN Schools Games 2024

Dubes Siswo menambahkan, acara tersebut merupakan bagian upaya meningkatkan minat dan permintaan terhadap Bahasa Indonesia di Australia. “Kami juga berusaha memfasilitasi sekolah-sekolah di Australia, agar bisa memperkuat pelajaran Bahasa Indonesia. Baik dengan pengiriman guru bantu, peningkatan kapasitas guru, penyediaan bahan ajar, maupun sarana dan prasarana promosi bahasa dan budaya Indonesia di sekolah,” jelasnya.

Sementara Ketua AIBC Lydia melihat, Bahasa Indonesia tidak hanya bermanfaat untuk memahami budaya dan masyarakat Indonesia. Tapi memiliki arti pen­ting dalam melakukan interaksi bisnis dengan pebisnis Indonesia.

Indonesia Day di Sekolah Bahasa NSW diisi diskusi motivasi belajar Bahasa Indonesia, Master Class bagaimana menguasai Bahasa Indonesia, testimoni dari alumni yang pernah belajar Bahasa Indonesia, penampilan budaya Indonesia dalam tarian dan angklung, dan diakhiri dengan makan siang bersama.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.