Dark/Light Mode

Transportasi Publik, Jakarta Belajar ke Swedia

Jumat, 15 November 2019 14:06 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Swedia Bagas Hapsoro (kedua kanan) dan Dirut PT MRT William Sabandar (kedua kiri) di Jakarta.(KBRI Stockholm)
Duta Besar Indonesia untuk Swedia Bagas Hapsoro (kedua kanan) dan Dirut PT MRT William Sabandar (kedua kiri) di Jakarta.(KBRI Stockholm)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia untuk Swedia, Bagas Hapsoro melakukan pertemuan terpisah, di Jakarta, Kamis (14/11), dengan Direktur Utama PT MRT, William Sabandar, Direktur Utama PT TransJakarta, Agung Wicaksono, dan Direktur PT United Tractors, Iman Nurwahyu. 

Tujuan utama pertemuan tersebut adalah penjajakan rencana kunjungan perusahaan transportasi publik Jakarta ke Swedia dalam rangka pengembangan lebih lanjut transportasi publik di Jakarta. Kunjungan ke Swedia direncanakan pada awal Desember 2019.

Baca juga : Cek 4 Lokasi SIM Keliling di Jakarta Hari Ini

"Swedia sangat membuka diri dalam kerja sama dimaksud dengan unggulannya pada sektor inovasi, ICT, dan transfer knowledge serta capacity building. Selain itu Swedia dapat menjadi benchmark bagi Indonesia, khususnya DKI Jakarta dalam penyediaan dan pengelolaan transportasi publik di Indonesia." ujar Dubes Bagas dalam keterangannya kepada RMco.id.

William menyatakan, MRT sangat tertarik untuk dapat belajar dari Swedia. "Kita perlu lihat sistem integrasi transportasi publiknya, sistem ticketing, dan aspek lingkungannya." ujar William.

Baca juga : Cek 5 Lokasi SIM Keliling di Jakarta Hari Ini

Agung dan Iman juga menyatakan, Swedia merupakan negara terbaik untuk transfer teknologi. "Diharapkan Scania dapat melakukan uji coba bis listriknya di Indonesia." ujar Agung.

KBRI Stockholm telah melakukan serangkaian pertemuan awal dalam kaitan rencana dimaksud, beberapa di antaranya adalah pada tanggal 5 September 2019, dilakukan pertemuan dengan Metro Stockholm yang diwakili Direktur International SL, Bjorn Homlberg guna mendiskusikan peluang kerja sama antara Pemerintah Daerah Stockholm dengan Pemerintah Daerah DKI Jakarta, khususnya dalam integrated and sustainable transportation.

Baca juga : Prestasi Jeblok, Leganes Pecat Pelatih

Pemerintah Stockholm merupakan pemilik infrasruktur transportasi stasiun, jalur kereta, dan gerbong kereta apinya, namun untuk pengoperasiannya telah diserahkan pada swasta. Selain itu juga pertemuan dengan CEO MTR Nordik, Mark Jensen yang dimaksudkan untuk membuka peluang kerja sama transportasi antara Indonesia dan Swedia dan mengetahui detail operasi, pemeliharaan dan manajemen kereta api Kota Stockholm dimaksud.

MTR Nordik merupakan perusahaan yang memenangkan tender pemerintah Stockholm sejak tahun 2008 untuk mengoperasikan jalur kereta yang sangat padat di Stockholm.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.