Dark/Light Mode

Nggak Happy Lihat India-Rusia Makin Lengket

Modi Dipeluk Putin, AS-Sekutu Meriang

Rabu, 10 Juli 2024 06:20 WIB
Perdana Menteri India Narendra Modi (kiri) disetiri Presiden Rusia Vladimir Putin naik mobil listrik saat jalan-jalan di kediamannnya di Novo-Ogaryovo, di pinggiran Moskow, Rusia, Senin (8/7/2024). Foto: SERGEI BOBYLEV, SPUTNIK, KREMLIN POOL PHOTO VIA AP
Perdana Menteri India Narendra Modi (kiri) disetiri Presiden Rusia Vladimir Putin naik mobil listrik saat jalan-jalan di kediamannnya di Novo-Ogaryovo, di pinggiran Moskow, Rusia, Senin (8/7/2024). Foto: SERGEI BOBYLEV, SPUTNIK, KREMLIN POOL PHOTO VIA AP

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedatangan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi ke Rusia membuat Amerika Serikat (AS) dan sekutunya ketar-ketir. Kunjungan Modi untuk memperdalam hubungan dengan Moskow. Modi khawatir, sanksi Barat akan membuat Rusia lebih dekat dengan China.

Modi tiba di Moskow, Senin (8/7/2024). Putin mengajak Pemimpin India itu bertemu di rumah pribadinya yang berada di Novo-Ogaryovo, Distrik Odintsovsky. Distrik ini berada di luar Moskow, tepatnya di barat Moskow.

Putin menyambut Modi dengan pelukan. Dia juga menga­jak Modi berkeliling kediaman­nya. Bahkan, Putin menyebut Modi sebagai sahabat karib. Dia sangat senang bertemu dengan Modi.

“Pembicaraan resmi kami akan dilakukan besok. Hari ini di tempat yang nyaman dan hangat, kami mungkin dapat membahas isu yang sama, tetapi tidak res­mi,” kata Putin, dilansir TASS.

Baca juga : KPK Bongkar Pungli Wisatawan Dan Hotel

Putin juga menawarkan teh, buah beri dan permen kepada Modi di rumahnya. Bahkan, Putin mengajaknya berkeliling di halaman dengan kereta bermotor.

Putin dan Modi juga mengunjungi kandang kuda di kediaman tersebut. Kedua pemimpin menonton pertunjukan yang ditampilkan kuda-kuda penari.

Modi berada di Moskow se­lama dua hari. Tujuannya me­nyeimbangkan hubungan lama India dengan Rusia, sembari menjalin hubungan keamanan yang lebih erat dengan Barat.

“Kesempatan yang luar biasa untuk memperdalam hubungan,” tulis Modi di platform media sosial X.

Baca juga : Buktikan Bukan Titipan Kang Emil

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, negara-negara Barat cemburu, Modi memilih Rusia untuk kunjungan bilateral pertamanya setelah menang Pemilu India yang ber­langsung 19 April-1 Juni 2024.

Perjalanan ini juga yang per­tama bagi Modi sejak invasi Ru­sia ke Ukraina pada tahun 2022. Rusia juga telah berusaha meng­galang dukungan negara-negara seperti India untuk menantang hegemoni AS.

Sementara, India telah meng­hindari memihak dalam perang Ukraina dalam upaya untuk melindungi hubungan yang telah terjalin selama beberapa dekade dengan Rusia. Apalagi, Negeri Beruang Putih itu merupakan pemasok utama senjata India dan sejak konflik dengan Ukraina dimulai, menjadi sumber minyak murah.

Hubungan ini menjadi sangat penting bagi New Delhi karena sanksi-sanksi Barat yang diran­cang untuk mengisolasi Rusia telah mendorong Moskow lebih dekat dengan China.

Baca juga : Jokowi Maunya Birokrasi Lincah, Cepat & Taktis

Beijing telah berkontribusi bagi Moskow di bidang eko­nomi, meningkatkan perdagangan bilateral yang mencapai rekor dan menjadi pemasok penting produk-produk yang dibuat Barat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.