Dark/Light Mode

Hadirkan Atraksi Budaya dan Pameran Kuliner

Festival Indonesia 2019 Sedot Perhatian Warga Australia

Rabu, 20 November 2019 15:30 WIB
Pengunjung Festival Indonesia melihat hasil karya kain asal Indonesia. (Foto: KBRI Canberra)
Pengunjung Festival Indonesia melihat hasil karya kain asal Indonesia. (Foto: KBRI Canberra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Antrian panjang diaspora Indonesia dan warga Australia di bawah terik matahari musim panas Negeri Kanguru adalah bukti antusiasme mereka untuk menikmati Festival Indonesia 2019.

Berbagai pertunjukan budaya dan pameran kuliner khas Indonesia kembali memanjakan warga di Canberra dan sekitarnya. Event ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan Kedutaan Besar Indonesia di Canberra.

Tujuannya untuk memperkenalkan dan mempopulerkan budaya dan kuliner nusantara ke Australia. Beragam kuliner yang ditawarkan dalam festival ini memang telah menjadi daya tarik utama bagi publik Australia selama ini. Mulai dari aneka jajanan manis seperti martabak dan kue pukis, sampai makanan berat seperti rendang, sate padang, sate ayam, gulai kikil dan paru balado, nasi pecel, urap, ayam penyet, rawon, pempek, mie celor dan tekwan menjadi primadona dalam acara yang diadakan akhir pekan tersebut.

Bukan hanya cita rasa yang menggoyang lidah pengunjung, Festival Indonesia 2019 juga menampilkan berbagai produk ekspor Indonesia seperti mie instan, kopi, sepatu, garmen, makanan ringan, hingga jasa pendidikan, pariwisata dan rute jasa penerbangan maskapai Garuda Indonesia.

Baca juga : AHY Harap Jokowi-Amin Perhatikan Aspirasi Rakyat

Masyarakat Australia terlihat bergembira, atau setidaknya melepas rindu, dan menyambut gembira dengan banyaknya jenis produk Indonesia yang dapat dijumpai di Negeri Kangguru dalam festival ini.

Acara semakin meriah dengan diadakannya undian berhadiah (raffle) yang memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk memenangkan tiket pesawat PP dari Sydney ke Jakarta serta berbagai hadiah lainnya.

"Saya sangat suka masakan Indonesia. Saya pasti akan mengunjungi Indonesia untuk musim liburan nanti," tutur salah seorang pemenang hadiah raffle, Crowley, seperti dikutip dari rilis KBRI Canberra.

Festival Indonesia menyuguhkan enam atraksi utama yakni panggung budaya, lapak kuliner Indonesia, kampung Bali, workshop gamelan Jawa, pameran seni dan berbagai produk Indonesia, serta kids corner dan photo booth.

Baca juga : BKS: Indonesia Sentris Membuka Keterisolasian dan Ruang Ekonomi Baru

Di panggung budaya, beragam tarian, peragaan busana, dan pertunjukan dari Sabang sampai Merauke, ditampilkan, mulai dari tari Saman dan Seudati dari Aceh, tari Perdamaian serta fashion show batik dan baju adat dari Papua, tari Sigulempong dan tari Pulau Samosir dari Sumatra Utara, tari dan lagu Senandung Tanah Babasal dan fashion show tradisional khas Banggai, hingga peragaan silat Perisai Diri.

Mereka yang tampil dalam festival ini didatangkan khusus dari Indonesia dengan dukungan penuh dari Bhayangkari Pusat, Polda Sumut, Polda Papua, dan Polda Papua Barat, Pemprov Aceh, dan Pemkab Banggai. Menurut Duta Besar RI untuk Australia Kristiarto Legowo, Festival Indonesia bertujuan membawa suasana Indonesia lebih dekat kepada masyarakat Australia.

"Dengan mendatangi festival ini, warga di Australia dapat langsung merasakan, melihat, dan memperoleh pengalaman langsung tentang kekayaan kuliner, seni budaya, dan pariwisata Indonesia," ujar Kristiarto.

Para pengunjung juga dapat menyaksikan para seniman Papua yang secara elok mengukir dan memahat patung. Anak-anak pun tidak ketinggalan disuguhi berbagai kegiatan interaktif seperti mewarnai baju daerah Indonesia, face painting Harimau Sumatera, dan photo booth dengan latar Becak dan Presiden Jokowi.

Baca juga : Kinerja Sektor Pertanian Membanggakan

Bagi masyarakat Australia, Festival Indonesia memang menjadi salah satu momentum yang selalu ditunggu-tunggu di Kota Canbera, yang memang terkenal sebagai salah satu kota di Australia yang sangat mendorong dan menghormati kehidupan multikuktur. Festival Indonesia tahun ini, yang merupakan penyelenggaraan ke-12, memang terasa semakin istimewa karena pada tahun ini Indonesia dan Australia tengah merayakan 70 tahun pembukaan Hubungan Diplomatik.

Dalam usia hubungan bilateral yang semakin mapan, kemitraan kedua negara telah semakin meningkat dengan peningkatan status menjadi Comprehensive Strategic Partnership di tahun lalu, serta penandatanganan Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) pada Maret 2019.

Melalui Festival Indonesia, KBRI Canberra berupaya untuk semakin mendekatkan hubungan antar-masyarakat Indonesia dan Australia dengan membawa sajian terbaik dari Indonesia ke publik Canberra. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.