Dark/Light Mode

Balas Dendam Kematian Soleimani, Iran Rudal 2 Pangkalan AS

Rabu, 8 Januari 2020 10:58 WIB
Serangan rudal Iran di pangkalan AS, yang terekam srasiun TV milik pemerintah Iran. (Foto: BBC)
Serangan rudal Iran di pangkalan AS, yang terekam srasiun TV milik pemerintah Iran. (Foto: BBC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pertahanan AS melaporkan, sedikitnya dua pangkalan udara milik Negeri Paman Sam di Irbil dan Al-Asad, Irak dihujani lusinan rudal balistik. Ada atau tidaknya korban, masih belum bisa dipastikan.

Stasiun TV Mayadeen melaporkan, serangan pertama di Irbil terjadi beberapa jam setelah pemakaman Komandan Militer Iran, Jenderal Qassem Soleimani. Sedangkan serangan kedua di Al-Asad, terjadi tak lama setelah serangan tersebut 

Baca juga : Kedubes Iran Di Jakarta Kutuk Dan Janji Balas Serangan AS

Terkait hal ini, Stasiun TV Iran mengatakan, serangan itu adalah wujud balas dendam negaranya  atas terbunuhnya Soleimani dalam serangan pesawat tak berawak di Bandara Baghdad, pekan lalu.

Serangan itu dilancarkan atas perintah Presiden AS Donald Trump.

Baca juga : Siaga Di Pergantian Tahun, PLN Kerahkan 2.337 Personel Di Jakarta

"Kami telah menerima laporan serangan terhadap fasilitas AS di Irak. Presiden juga telah memahami, memantau situasi dengan cermat, serta berkonsultasi dengan tim keamanan nasional," kata Juru Bicara Gedung Putih, Stephanie Grisham dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir BBC, Rabu (8/1).

Soal ini, Garda Revolusi Iran kembali menegaskan, bahwa serangan itu adalah pembalasan atas kematian Soleimani.

Baca juga : Pemberlakuan De Minimis Kiriman Barang Selamatkan IKM

"Kami mengingatkan semua sekutu Amerika, yang memberikan pangkalan mereka kepada tentara terorisnya, sebagai titik awal tindakan agresif terhadap Iran, maka itu akan menjadi target kami," demikian bunyi pernyataan Garda Revolusi Iran, yang disiarkan Kantor Berita Pemerintah Iran, IRNA yang dikelola pemerintah Iran.

Menanggapi situasi ini, Presiden AS Donald Trump mengatakan, militer AS tak akan gentar. Apalagi, Trump mengklaim persenjataan AS paling lengkap di dunia. 

 
"Semuanya baik-baik saja. Iran sudah meluncurkan rudal ke dua pangkalan militer kami di Irak. Pendataan korban dan kerusakan sedang dilakukan. Sejauh ini baik. Militer kami paling kuat di dunia. Begitupula persenjataannya, paling kengkap! Besok pagi, saya akan memberikan pernyataan," cuit Trump, via akun Twitter @realDonaldTrump, Rabu (8/1). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.