Dark/Light Mode

Pemerintahan Dibuka

Trump Siap Pidato Di Kongres

Selasa, 29 Januari 2019 23:25 WIB
Nancy Pelosi (Foto Yahoo.com)
Nancy Pelosi (Foto Yahoo.com)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Donald Trump akhirnya dijadwalkan pidato kenegaraan di hadapan Kongres Amerika Serikat pada 5 Februari mendatang. Kegiatan itu sempat tertunda karena pemerintahan tutup sebulan belakangan. Jadwal pidato disampai Ketua Dewan Perwakilan AS, Nancy Pelosi, dalam undangan pada Senin (28/1).

"Saya mengundang Anda untuk memberikan pidato dalam State of the Union di hadapan Sidang Bersama Kongres pada 5 Februari 2019 di House Chamber," tulis Pelosi, dilansir AFP.

Baca juga : Ketua KPK: Pemberantasan Korupsi Juga Tanggung Jawab Presiden

Dilansir CNN, pidato ini sudah menjadi tradisi di AS. Setiap tahun, presiden AS harus menyampailkan pidato tahunan di depan seluruh kabinet serta anggota Kongres di gedung Capitol.  Tepatnya di ruang Dewan Perwakilan sebelum bersidang dengan Kongres.

Pelosi sudah mengundang Trump untuk menyampaikan pidatonya pada Selasa (29/1). Namun, pidato itu terpaksa ditunda karena alasan keamanan di tengah penutupan pemerintahan.

Baca juga : Pekan Depan, Timnas U-22 Siapkan 2 Uji Coba

Penutupan pemerintahan terjadi karena Kongres tak menyepakati anggaran. Salah satu isu besar yang mengganjal adalah permintaan anggaran Trump :5,7 miliar USD atau Rp 80 triliun untuk membangun tembok di sepanjang perbatasan dengan Meksiko demi membendung arus imigran ilegal.

Trump memaksa Kongres menyetujui anggaran tersebut terlebih dulu, kemudian pemerintahan dibuka. Namun, Partai Demokrat menegaskan, pemerintahan harus dibuka dulu, baru Kongres dapat membicarakan anggaran tembok.

Baca juga : Menteri BUMN : 1.500 Nasabah Mekaar Siap Naik Kelas

Berlangsung sejak Desember, penutupan pemerintahan kali ini menjadi yang terlama sepanjang sejarah AS, dengan 80 ribu pegawai negeri federal menjadi korban karena tak mendapatkan gaji.

Setelah 35 hari, Trump akhirnya mengumumkan kesepakatan dengan Partai Demokrat untuk membuka kembali pemerintahan federal AS hingga 15 Februari.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.