Dark/Light Mode

Promosi Wisata Indonesia di Moskow Tak Terganggu Isu Covid-19

Jumat, 13 Maret 2020 09:39 WIB
Duta Besar Wahid Supriyadi menyampaikan sambutan mengenai potensi pariwisata Indonesia bagi wisatawan Rusia pada Destination Gathering dengan para tur operator Rusia di Moskow, Kamis (12/3)/KBRI Moskow
Duta Besar Wahid Supriyadi menyampaikan sambutan mengenai potensi pariwisata Indonesia bagi wisatawan Rusia pada Destination Gathering dengan para tur operator Rusia di Moskow, Kamis (12/3)/KBRI Moskow

RM.id  Rakyat Merdeka - Rusia menjadi salah satu tumpuan bagi industri wisata Indonesia. Hal ini tercermin dari pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia yang mencapai angka tertinggi dibandingkan pelancong Eropa lainnya di tahun 2019.

Terhitung sejak penyelenggaraan Festival Indonesia di Moskow pertama di tahun 2016, kenaikan jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia mencapai hampir 100 persen.

Jumlah wisatawan Rusia yang mengunjungi Indonesia pada tahun 2019, naik 26,42 persen menjadi 158.943 orang, dibanding tahun 2018 yang hanya 125.728 orang.

Secara keseluruhan, pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia naik ke peringkat tertinggi ke-3, setelah Uni Emirat Arab (27,68 persen) dan Vietnam (26,65 persen). 

Baca juga : Kementan: Hewan Kesayangan Tak Tularkan Covid-19

Mengingat sekitar 90 persen tujuan wisatawan Rusia adalah Bali, KBRI Moskow menggandeng berbagai pihak seperti maskapai penerbangan dan para tour operator untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia di luar Bali. 

Hal itu disampaikan Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, M Wahid Supriyadi dalam Destination Gathering yang diselenggarakan atas kerja sama KBRI Moskow dan Singapore Airlines pada 12 Maret 2020, di Wisma Duta KBRI Moskow. Acara ini dihadiri oleh 28 orang pimpinan tour operator Rusia.

Untuk menambah wawasan para tour operator tentang destinasi wisata Indonesia Beyond Bali, Edi Suharto, Minister Counsellor KBRI Moskow memaparkan lima tujuan wisata yang dapat menjadi opsi lainnya bagi turis Rusia, apabila berkunjung ke Indonesia.

“Destinasi tersebut dinyatakan telah memiliki infrastruktur yang memadai atau yang dikenal destinasi dengan triple A (Accessibility, Attraction, Amenities) yakni adalah Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, Pantai Likupang dan Mandalika,” kata Edi.

Baca juga : Bicara Indonesia 5G, Wawali Tegal Mengagumkan

General Manager Singapore Airlines Rusia Biren Poh dalam sambutannya menyampaikan, selain telah memfasilitasi penerbangan Moskow-Denpasar, pihaknya juga akan mendukung KBRI Moskow mempromosikan pariwisata Indonesia di Rusia dengan memfasilitasi penerbangan familiarization trip bagi sejumlah tour operator Rusia untuk berkunjung ke Indonesia di tahun 2020.

“Kegiatan destination gathering semacam ini sangat menarik dan bermanfaat bagi tour operator seperti kami untuk merancang paket wisata terutama ke Indonesia. Terkait merebaknya COVID 19, meskipun ada beberapa klien kami yang membatalkan kunjungannya ke Indonesia, jumlahnya tidak terlalu banyak,” ujar Nadia Sartova, peserta dari Quintatour.

Gathering dibuka dengan penampilan Tari Soyong dan diakhiri dengan santapan kudapan khas Indonesia. Melengkapi promosi tentang Indonesia, para peserta juga memperoleh goody bag berisi produk Indonesia yang telah memasuki pasar Rusia yakni Indomie Goreng cup dan Kopi Torabika Capuccino.

Destination Gathering ini merupakan salah satu upaya KBRI Moskow mendorong peningkatan wisatawan Rusia ke Indonesia, bahkan di tengah isu Covid-19 seperti sekarang.

Baca juga : Pupuk Indonesia Jamin Corona Tak Ganggu Distribusi Pupuk

KBRI Moskow juga rutin menyelenggarakan program kegiatan kerja sama dengan Kementerian Pariwisata Indonesia berupa sales mission, joint promotion program, partisipasi pameran pariwisata, familiarization trip, serta penyelenggaraan Festival Indonesia. [WHY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.