Dark/Light Mode

Bicara Indonesia 5G, Wawali Tegal Mengagumkan

Rabu, 11 Maret 2020 00:59 WIB
Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi menjadi pembicara Government Readiness to 5G upaya Pemerintah Daerah membangun Smart City di acara Indonesia 5G Ecosystems Conference 2020, Golden Ballroom Hotel Sultan, Jl. Gatot Subroto, Jakarta, kemarin. (Foto: ist)
Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi menjadi pembicara Government Readiness to 5G upaya Pemerintah Daerah membangun Smart City di acara Indonesia 5G Ecosystems Conference 2020, Golden Ballroom Hotel Sultan, Jl. Gatot Subroto, Jakarta, kemarin. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi memastikan Pemerintah Kota Tegal telah mengaplikasikan teknologi informasi menuju Smart City.

Hal itu disampaikan Jumadi saat menjadi pembicara Government Readiness to 5G upaya Pemerintah Daerah membangun Smart City di acara Indonesia 5G Ecosystems Conference 2020, Golden Ballroom Hotel Sultan, Jl. Gatot Subroto, Jakarta, kemarin. Acara ini diprakarsai oleh ICT Institute

Baca juga : Warga Korsel Dilarang Ke Indonesia, Garuda Tetap Terbang Ke Seoul

Jumadi menyebut diantaranya inovasi layanan dokumen kependudukan yang dinamai Jakwir Cetem yaitu layanan pertama di Indonesia kerja sama dengan salah satu operator transportasi online untuk penghantaran dokumen kependudukan, sehingga warga tidak perlu datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal.

Kemudian, Inovasi Layanan Gawat Darurat Lekontangi, yaitu inovasi dalam penanganan kegawatdaruratan medis pra rumah sakit, inovasi layanan lansia yang diberi nama Jempolan untuk pengantaran makanan bagi lansia menggunakan transportasi online dan tanda tangan elektronik (digital signature, e-sign) dan sudah diaplikasikan di 27 kelurahan. 

Baca juga : KLHK: Indonesia Memasuki Era Baru Pengelolaan Sampah

Ada juga pemanfaatan Penerangan Jalan Umum (PJU) sebagai Lampu Jalan Pintar (Smart Street Light) dan CCTV & Video Analitics untuk penanganan banjir yang sering terjadi di Kota Tegal.

Jumadi juga memaparkan, melalui Program SMART City, Kota Tegal sudah membangun jaringan Fiber Optik yang menghubungkan seluruh OPD dan menyediakan akses WIFI gratis bagi masyarakat di banyak titik lokasi, panjang jaringan FO yang sudah terpasang kurang lebih 52 KM.

Baca juga : Menpora Ingin Putri Indonesia Jadi Teladan dan Cermin Karakter Bangsa

Pemerintah Kota Tegal juga menyediakan fasilitas hotspot internet public akses gratis bagi warga masyarakat sejumlah 21 titik dengan kecepatan rata-rata 50 Mbps. Lokasi WiFin-nya ada di Pendopo Ki Gede Sebayu, Alun-alun kota, Taman Poci, Pendopo di kecamatan dan Kelurahan, Halaman DPRD, Monumen Bahari PAI.

Para peserta konferensi terlihat tertarik dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pemerintah Kota Tegal terkait inovasi-inovasi dan teknologi informasi yang telah diterapkan oleh Pemerintah Kota Tegal saat dipaparkan Wakil Wali Kota Tegal. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.