Dark/Light Mode

Putri Kartel Narkoba Meksiko Bagi-bagi Sembako di Tengah Pandemi Corona

Jumat, 17 April 2020 13:24 WIB
Alejandrina Gisselle Guzman (kanan) membagikan bantuan ke warga miskin. (Foto: Reuters)
Alejandrina Gisselle Guzman (kanan) membagikan bantuan ke warga miskin. (Foto: Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gerakan simpati di tengah pandemi virus Corona juga sampai ke kalangan gembong narkoba. Putri bos kartel narkotika asal Meksiko Joaquin El Chapo Guzman membagi-bagikan masker dan sembako ke warga di pinggiran kota di Meksiko.

Dilaporkan Reuters, Jumat (17/4), aksi donasi para kartel narkotika ini diunggah di laman Facebook mereka. Alejandrina Gisselle Guzman, putri El Chapo Guzman, nampak memimpin gerakan simpati ini.

Baca juga : Ekspor Hortikultura `Mewabah` di Tengah Pandemi Covid-19

Dalam video yang diunggah di Facebook, terlihat Gisselle Guzman membungkus tisu toilet, minyak goreng, gula dan beras yang dimasukkan ke dalam kardus dengan logo wajah El Chapo bertuliskan "El Chapo 701".

Gisselle Guzman juga terlihat membagikan kardus tersebut ke sejumlah warga miskin. Foto-foto Reuters memperlihatkan para karyawan El Chapo 701 membagikan kardus tersebut kepada warga. Mereka memakai masker bergambar El Chapo.

Baca juga : Atlet Pelatnas Bagi-bagi Sembako Untuk Korban Covid-19

El Chapo 701 adalah merek dagang perusahaan Alejandrina yang menjual berbagai souvenir dan minuman alkohol dengan wajah ayahnya. Angka 701 adalah urutan El Chapo dalam daftar orang terkaya dunia versi majalah Forbes pada 2009.

Saat ini El Chapo tengah mendekam di penjara AS setelah divonis seumur hidup tahun lalu atas kejahatan penyelundupan kokain. Tidak hanya putri El Chapo, berbagai kartel lainnya juga turun ke jalan. Mereka membagikan bantuan dengan logo nama geng mereka, foto dan video dibagikan di Facebook.

Baca juga : Negara Hadir di Tengah Pandemi Covid-19 Yordania

Dalam salah satu video, terlihat kartel Jalisco New Generation (CJNG) membagikan sembako kepada warga. Dalam bungkus sembako tertulis pesan "dari kawanmu, CJNG".

Di negara Tamaulipas, Kartel Teluk juga membagikan bantuan kepada warga. Isi bantuannya beragam, tapi kebanyakan terdiri dari beras, minyak goreng, kacang-kacangan, hingga makanan kaleng. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.