Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Begini Perayaan Idul Fitri Online ala Italia

Minggu, 24 Mei 2020 23:44 WIB
Suasana Shalat Idul Fitri di Wisma Duta Indonesia, KBRI Roma (Foto: Dok. KBRI Roma)
Suasana Shalat Idul Fitri di Wisma Duta Indonesia, KBRI Roma (Foto: Dok. KBRI Roma)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah terasa berbeda, termasuk bagi WNI di Italia. Saat ini warga Italia masih berada pada situasi “fase kedua” penanganan Covid-19. Meskipun lockdown sudah dilonggarkan, namun masih terdapat aturan protokol kesehatan yang harus diikuti dan dilaksanakan. Masjid besar Roma juga belum dibuka untuk Shalat Idul Fitri dan Organisasi Muslim Italia dan Pemerintah Italia sepakat mengimbau umat Muslim untuk melakukan Shalat Idul Fitri secara terbatas, tidak dalam jumlah banyak dan sebaiknya dilakukan dari rumah masing-masing.

Dalam kaitan ini, KBRI Roma menggelar kegiatan Idul Fitri online (virtual) pada 24 Mei 2020 melalui Zoom dan FB Live KBRI Roma. Dubes RI Roma Esti Andayani beserta Staf KBRI Roma dalam jumlah terbatas melakukan takbiran dari Wisma Duta Indonesia. “Idul Fitri merupakan hari kemenangan melawan berbagai permasalahan yang ada dan momentum menebar esensi Islam sebagai “rahmatan lil alamiin”, sambut Dubes Esti dalam keterangan KBRI Roma, yang diterima redaksi, Minggu (24/5). 

Baca juga : Begini Pencegahan Covid-19 di Tempat Kerja di Era New Normal

Takbiran online dimulai pukul 08.00 pagi selama sekitar 30 menit. Selanjutnya, dilakukan kegiatan Shalat Idul Fitri berjamaah dan serempak dari rumah masing-masing. Jamaah shalat Idul Fitri secara terbatas di Wisma Indonesia dipimpin Kolonel (E) Wachyad, Atase Pertahanan KBRI Roma.

Agenda virtual kemudian dilanjutkan dengan Khutbah Idul Fitri online pada pukul 08.40 pagi dengan khatib Danang Waskito, Counsellor Pensosbud KBRI Roma. Dalam khutbahnya, Danang menggarisbawahi pentingnya mengambil hikmah peristiwa pandemi Covid-19 dikaitkan dengan makna Ramadhan dan Idul Fitri. “Dalam agama Islam, setiap musibah dan peristiwa pasti ada “ibroh” atau pelajaran yang dapat diambil,” ucapnya.

Baca juga : Wapres Terima Ucapan Idul Fitri Dari Menteri Senior Singapura 

Lebih jauh Danang menjelaskan beberapa pelajaran yang dapat diambil dari pandemi Covid-19. Antara lain agar manusia selalu bertawakal, bersabar, bersyukur; serta hakikat kehidupan dunia dan kekuasaan Tuhan. Selanjutnya pandemi ini juga mengajarkan perlunya manusia untuk tetap melakukan upaya, berihktiar menggunakan akal dalam bingkai akidah agama.

Sisi kesehatan dan kebersihan juga menjadi hikmah lainnya, di samping perlunya menjaga semangat Ramadhan seperti rasa  sosial, persatuan dan tolong menolong. Kebijakan pembatasan pergerakan dan imbauan beribadah dari rumah juga memperkuat nilai pentingnya keluarga sebagai tiang masyarakat dan negara. Rangkaian kegiatan Idul Fitri online tersebut telah diikuti oleh warga negara Indonesia di Italia, para mahasiswa, serta WNI ABK kapal pesiar yang sedang berada di Italia melalui virtual meeting (Zoom dan Facebook Live).

Baca juga : Ucapkan Selamat Idul Fitri, PM Selandia Baru Panen Pujian

Setelahnya, Dubes Esti Andayani didampingi Wakil Kepala Perwakilan George Lantu melakukan silaturahmi terbatas dengan para Staf KBRI Roma dan keluarga. Protokol kesehatan dan keamanan tetap diberlakukan, termasuk dengan menjadwalkan kedatangan staff dan keluarga secara bergiliran. Selain itu, setiap staff dan keluarga menjalani pemeriksaan suhu tubuh (termometer scan) pada saat memasuki kawasan KBRI Roma, mencuci tangan dengan hand sanitizer, menggunakan masker dan sarung tangan pada saat kegiatan, serta dengan memperhatikan jumlah peserta dalam ruangan. Meski tak berjabat tangan, semuanya saling bermaafan dan mempererat persaudaraan. 

Ke depannya, KBRI Roma merencanakan untuk menyelenggarakan “Silaturahmi/ Syawalan Online” dengan masyarakat Indonesia di negara akreditasi pada kesempatan pertama. Dengan berbagai kegiatan tersebut, semangat silaturahmi tetap terjaga dan kegiatan ibadah tak berkurang hikmatnya di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di Italia. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.