Dark/Light Mode

Di Tengah Kondisi Pandemi, Jelang Idul Fitri, Stok BBM di Kalsel Aman

Rabu, 20 Mei 2020 20:57 WIB
Di Tengah Kondisi Pandemi, Jelang Idul Fitri, Stok BBM di Kalsel Aman

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama pandemi Covid-19, pemakaian BBM untuk semua jenis di wilayah Kalimantan Selatan turun sekitar 10 hingga 15 persen dari kondisi normal. 

Integrated Terminal Manager Banjarmasin , F. Moris Wungubulen, Selasa (19/5) mengatakan, dalam kondisi normal, kebutuhan BBM per hari sekitar 4.000 KL.

“Berkurangnya pemakaian ini terjadi untuk semua jenis BBM, baik gasoline dan gasoil," kata Moris.

Baca juga : Jelang Idul Fitri, Mesir Perketat Aturan Lockdown

Meski kebutuhan solar untuk industri lebih tinggi sekitar 50 persen dari pemakaian ritel atau kendaraan bermotor, pemakaian BBM jenis solar juga ikut berkurang.

Menurut Moris, salah satu penyebab berkurangnya pemakaian tersebut adalah terhentinya aktivitas masyarakat akibat pandemi Covid-19.

Terkait hal itu, ia mengimbau masyarakat agar tak perlu khawatir kekurangan BBM. Stok sangat cukup hingga 13 hari ke depan.

Baca juga : Shalat Idul Fitri Di Rumah Akankah Dipatuhi Umat?

“Kebutuhan BBM hingga Lebaran, bahkan setelahnya, masih sangat cukup. Sehingga, masyarakat atau konsumen tidak perlu khawatir. Tak ada potensi mengganggu beribadah bulan puasa dan perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah (24 Mei)," tutur Moris.

Terkait pendistribusian BBM ke daerah-daerah pesisir, seperti Tanah Bumbu dan Kotabaru, semuanya tidak ada masalah.

“Bahkan di Kotabaru sudah ada terminal induk. Kita di Banjarmasin saja, mengambil BBM ke Kotabaru menggunakan kapal. BBM di terminal induk itu juga untuk menyuplai kebutuhan nasional dan internasional. 90 persen BBM di terminal induk, disuplai ke Banjarmasin," tutup Moris. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.