Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KBRI Janji Bantu Selesaikan Masalah Buruh Migran Indonesia Di Brunei

Minggu, 24 Februari 2019 15:08 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam Sujatmiko (kiri) berfoto bersama para BMI di Wisma Duta. (Foto KBRI Bandar Seri Begawan)
Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam Sujatmiko (kiri) berfoto bersama para BMI di Wisma Duta. (Foto KBRI Bandar Seri Begawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Melihat kesuksesan KBRI Bandar Seri Begawan menyelesaikan masalah buruh migran Indonesia (BMI) tahun lalu, Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam Sujatmiko berjanji akan membantu masalah yang dihadapi BMI di Brunei Darussalam. Janji ini disampaikan saat bertemu 30 BMI di Wisma Duta, pekan lalu.

“KBRI akan senantiasa berusaha mengurus penyelesaian masalah bapak ibu sekalian," katanya.

Baca juga : 2 Juta Diaspora Indonesia Mencari Caleg Berkualitas

Tahun lalu KBRI berhasil menyelesaikan 517 kasus dari 547 kasus yang masuk. KBRI juga berhasil memperjuangkan gaji para PMI sebesar 60.229 dolar Brunei asuransi sebesar 209.500 dolar Brunei, dan kompensasi sebesar 23.548 dolar Brunei dengan total keseluruhan sebesar 293.277 dolar Brunei. "Kalau dirupiahkan setara dengan Rp 3 milyar," jelasnya.

Dubes Sujatmiko juga berpesan agar para BMI mempersiapkan diri  bekerja di Brunei Darussalam. Tak lupa dia juga menyampaikan apresiasi kepada WNI dan BMI lain yang memberikan bantuan pelatihan dan penyuluhan kepada BMI bermasalah.

Baca juga : Wow, Panas Bumi Indonesia Terbesar Kedua Dunia

“Terima kasih kepada bapak dan ibu yang telah menyediakan tempat tinggal di shelter KBRI yang nyaman, bisa makan, tidur, enak, gak bayar. Semoga masalah kami cepat selesai,” ujar Toto, BMI yang terbelit kasus izin tinggal yang telah kadaluwarsa.

Tim KBRI terus berupaya untuk menyelesaikan kasus para WNI/BMI bermasalah di penampungan KBRI, dan tidak punya niatan sama sekali untuk memperlambat proses.

Baca juga : Ekspor Otomotif Indonesia Cetak Rekor Baru

Dilansir keterangan pers KBRI Bandar Seri Begawan, banyak kasus yang sudah dilimpahkan kepada instansi terkait seperti Jabatan Buruh ataupun Jabatan Imigrasi, yang memiliki prosedur tersendiri dalam menyelesaikan permasalahan.

Sebagai salah satu negara dengan pendapatan tinggi, Brunei menjadi salah satu destinasi pekerja migran Indonesia. Berdasarkan catatan KBRI,  terdapat sekitar 80 ribu warga Indonesia di negara yang berpenduduk 423 ribu orang tersebut. DAY

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.