Dark/Light Mode

Biar Nggak Stres

Kim Jong-un Serahkan Kendali Urusan Luar Negeri Pada Adiknya

Jumat, 21 Agustus 2020 10:42 WIB
Kim Jong-un (kiri) bersama sang adik, Kim Yo-jong (Pyongyang Press Corps Pool via AP)
Kim Jong-un (kiri) bersama sang adik, Kim Yo-jong (Pyongyang Press Corps Pool via AP)

 Sebelumnya 
Yo-jong adalah adik perempuan Kim Jong-un, yang merupakan satu-satunya sekutu dekat dan kuat bagi Sang Pemimpin Korut.

Yo-jong yang lahir pada tahun 1987, berusia empat tahun lebih muda dari Kim Jong-un. Keduanya pernah tinggal dan menuntut ilmu di Bern, Swiss.

Baca juga : BNI Promosikan UMKM Lewat Cabang Luar Negeri

Dia menyedot perhatian internasional untuk pertama kalinya pada tahun 2018. Kala itu, Yo-Jong tercatat sebagai orang pertama dari dinasti Kim, yang mengunjungi Korsel.

Wanita yang pernah menempuh pendidikan di Universitas Militer Kim Il Sung itu menjadi anggota delegasi Olimpiade Musim Dingin, di mana Korut dan Korsel terdaftar sebagai joint team.

Baca juga : Ini Daftar Lengkap 53 Tokoh Penerima Anugerah Tanda Jasa dari Jokowi

Dia juga kerap mendampingi sang kakak di sejumlah pertemuan internasional. Termasuk, pertemuan dengan Presiden Korsel Moon Jae-in, Presiden China Xi Jinping, dan Presiden AS Donald Trump.

Korut adalah salah satu negara yang tertutup. Dalam hal ini, laporan NIS masih diragukan karena pernah keliru menilai.

Baca juga : MA Tolak Permohonan Pembatalan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Tahun 2016, NIS menyebut Kepala Staf Tentara Korea Utara, Ri Yong-gil, telah dieksekusi. Tiga bulan kemudian, pemerintah Korsel menyebut, Ri Yong-gil tampaknya masih hidup karena namanya muncul di daftar pejabat partai.

Tahun 2017, agen mata-mata itu juga mengaku berusaha memanipulasi hasil pemilihan presiden 2012 di Korsel, demi membantu partai konservatif memenangka  pertarungan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.