Dark/Light Mode

Ajak Perusahaan ke Bulan, NASA Siapkan Rp 300 Juta

Minggu, 13 September 2020 07:35 WIB
Ajak Perusahaan ke Bulan, NASA Siapkan Rp 300 Juta

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) Amerika Serikat (AS) mengajak perusahaan di sektor swasta untuk terbang ke Bulan. Menjelajahi benda langit tersebut.

Bahkan, NASA memberi bayaran jika perusahaan tersebut bersedia ke Bulan untuk menghimpun debu di sana. Melalui unggahan blog resmi, Bridenstine menyebut, NASA meminta perusahaan swasta mengumpulkan 1,8-18 ons sampel tanah Bulan pada 2024.

Baca juga : Bahlil: 3 Perusahaan Siap Relokasi Ke Batang

Penawaran itu berlaku untuk perusahaan AS ataupun asing. "Pada intinya, kami ingin mengambil sejumlah sampel tanah dari Bulan dan kami yakin itu dapat dilakukan," ujar Administrator NASA, Jim Bridenstine, dilansir dari Space, pekan lalu.

Berapa bayarannya? Keterangan resmi NASA berbunyi, "perusahaan yang bersedia mengikuti proyek ini bakal memperoleh uang sekitar 15 ribu dolar-20 ribu dolar AS (sekitar Rp225 juta-Rp300 juta)."

Baca juga : Rayakan Ultah ke 108, Sharp Bagikan Ratusan Sepeda

Pembayaran awal 20 persen, sedangkan sisanya akan NASA bayar saat sampel dari Bulan sudah berhasil sampai di Bumi. "Pembayaran awal 10 persen kami bayarkan saat tanda tangan kontrak, 10 persen lagi setelah lepas landas ke Bulan," imbuh Bridenstine.

Ini bukan yang pertama NASA meluncurkan inisiasi pengumpulan material dari Bulan. Pada 1969-1972, astronot dalam misi Apollo membawa debu seberat 382 kg.  Kali ini, proyek bertujuan memicu konsep penggalian dan pemanfaatan sumber daya bulan.

Baca juga : Kasus Perusakan Mapolsek Ciracas, Puspom TNI Tetapkan 29 Tersangka

Saat ini kami mencoba membuktikan, sumber daya (di Bulan) bisa digali dan dimanfaatkan lewat transaksi perdagangan," tandas Bridenstine. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.