Dark/Light Mode

Jokowi: Indonesia Konsisten Dukung Kemerdekaan Palestina

Rabu, 23 September 2020 10:24 WIB
Jokowi: Indonesia Konsisten Dukung Kemerdekaan Palestina

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan konsistensi dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina.

Hal tersebut disampaikan Jokowi, dalam Pidato Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang disampaikan secara virtual, Rabu (23/9).

Baca juga : Charles Meikyansyah: Komisi IV DPR Dukung Program Perbengkelan Alsintan

"Palestina adalah satu-satunya negara yang hadir di Konferensi Bandung, yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaan. Dalam hal ini, Indonesia terus konsisten memberikan dukungan bagi Palestina, untuk mendapatkan hak-haknya," papar Jokowi, yang berpidato setelah Presiden Srilanka, Gotayaba Rajapaksa. 

Jokowi menambahkan, Indonesia akan terus memainkan peran aktifnya sebagai bridge builder dan menjadi bagian dari solusi. Secara konsisten, komitmen ini terus dijalani Indonesia. Termasuk, saat Indonesia duduk sebagai anggota Dewan Keamanan PBB.

Baca juga : Timnas Indonesia U-19 Imbang 1-1 Lawan Qatar

"Indonesia akan selalu mengedepankan spirit yang menguntungkan semua pihak. Tanpa meninggalkan satu negara pun. No one, no country should be left behind," tandasnya.

Persamaan derajat inilah yang ditekankan oleh Bapak Bangsa Indonesia Soekarno, Bung Karno saat Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955, yang menghasilkan dasa sila Bandung.

Baca juga : Kemenhub Dukung Keselamatan Pesepeda

Hingga kini, prinsip dasar dasa sila Bandung masih sangat relevan. Termasuk, untuk penyelesaian perselisihan secara damai, memajukan kerjasama dan penghormatan terhadap hukum internasional. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.