Dark/Light Mode

Jokowi Sambut Kedatangan PM Jepang Yoshihide Suga

Selasa, 20 Oktober 2020 12:18 WIB
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga setelah meletakkan karangan bunga di mausoleum mendiang Presiden Vietnam Ho Chi Minh di Hanoi, Vietnam, 19 Oktober 2020. (Foto VOA)
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga setelah meletakkan karangan bunga di mausoleum mendiang Presiden Vietnam Ho Chi Minh di Hanoi, Vietnam, 19 Oktober 2020. (Foto VOA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga dijadwalkan tiba di Indonesia pada Selasa (20/10/2020). Ini kunjungan pertama kali Suga sejak resmi menjabat sebagai PM Jepang pada September.

Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi mengatakan, PM pengganti Shinzo Abe itu akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Rabu (23/10). Hal itu dia sebut dalam pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi lewat telepon  pada Senin (19/10/2020). Sekitar 30 lamanya, mulai pukul 14.30 WIB. 

Baca juga : Menko PMK Tepis UU Cipta Kerja Manjakan Pengusaha

"PM Toshimitsu Motegi berharap agar lawatan PM Suga akan bermakna sehingga hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang akan semakin kokoh," katanya sebagaimana rilis yang diterima RMco.id dari Kedutaan Besar atau Kedubes Jepang di Jakarta.

Menanggapi harapan Motegi, Retno mengatakan, Jokowi akan menyambut baik kunjungan Suga. Retno menambahkan Indonesia menantikan pertemuan bilateral tersebut.

Baca juga : Eko Roni Saputra Kalahkan Petarung Malaysia Di Ronde Pertama 

Selain itu, kedua Menteri Luar Negeri tersebut sepakat untuk melanjutkan upaya koordinasi demi terbukanya kembali saling mengunjungi untuk memperkokoh hubungan bilateral antara kedua negara. Keduanya juga memastikan kerja sama yang erat untuk menindaklanjuti hasil pertemuan puncak, termasuk terwujudnya kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Diberitakan RMco.id sebelumnya, Suga tiba di Vietnam Minggu (18/10). Pada Senin (19/10) Suga bertemu PM Nguyen Xuan Phuc di Hanoi. Suga dan Xuan Phuc keduanya meneken kesepakatan kerja sama di sektor ekonomi, infrastruktur, energi, lingkungan hingga perdagangan hasil pertanian.

Baca juga : Para Menteri Kok Tega Sih

Dari Vietnam, Suga berkunjung ke Indonesia. Kunjungan ini bahkan dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Diberitakan Kyodo, Suga berangkat dengan rombongan kecil demi mengurangi risiko penyebaran Virus Corona.

Sebelum berangkat, sebagai bagian protokol kesehatan, mereka pun sudah menjalani tes PCR. Tes serupa juga akan kembali dijalani sebelum pulang kembali ke Jepang. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.