Dark/Light Mode

Warung Konsuler Sambangi Masyarakat Indonesia Di Calabria, Italia

Jumat, 23 Oktober 2020 20:45 WIB
Tim KBRI Roma membuka Warung Konsuler di Calabria, selatan Italia. (Foto KBRI Roma)
Tim KBRI Roma membuka Warung Konsuler di Calabria, selatan Italia. (Foto KBRI Roma)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada masa new normal di Italia, KBRI Roma atau Kedutaan Besar RI Roma terus melaksanakan pembinaan masyarakat dan Warung Konsuler. Kali ini kegiatan dilaksanakan di wilayah Calabria (Selatan Italia) yang memiliki angka kasus infeksi Covid-19 paling rendah di Italia, selain wilayah Valle d’Aosta, Basilicata dan Molise.

Calabria berbatasan dengan regione Basilicata di utara, Laut Tyrrhenia di barat dan Laut Ionia di timur. Wilayah seluas lebih dari 15 Kilometer persegi itu dihuni lebih dari 1,9 juta orang sesuai sensus penduduk pada 2019.

Kegiatan pembinaan masyarakat pada 17 Oktober 2020 diikuti 26 orang warga Indonesia yang sebagian besar adalah pelajar Indonesia yang berkuliah di Universita della Calabria, kota Rende, di wilayah Calabria.

Dalam kesempatan tersebut, KBRI Roma juga menyampaikan bantuan logistik, berupa bahan makanan pokok, masker, vitamin, dan hand sanitizer.

Wakeppri JS George Lantu berbicara di hadapan masyarakat Indonesia di Calabria. 

Baca juga : Usai Dikalahkan UEA, Timnas Indonesia U-16 Jalani Latihan Pemulihan

Wakil Kepala Perwakilan (Wakeppri) J.S George Lantu dalam pertemuan dengan perwakilan masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Calabria menyampaikan pentingnya masyarakat dan pelajar Indonesia untuk selalu menjaga kebersamaan dan perdamaian.

“Kami mengajak masyarakat Indonesia untuk selalu kompak, rukun dan damai, serta menjalin komunikasi yang baik dengan KBRI Roma terutama pada masa kondisi kesehatan darurat di Italia akibat pandemi Covid-19,” kata George Lantu.

Italia masih berada pada fase kedua “living with the virus”. Pemerintah Italia telah menerapkan berbagai peraturan serta terus memperbarui ketentuan pembatasan untuk membendung penyebaran pandemi Covid-19.

Dalam hal ini, George Lantu mengimbau seluruh masyarakat termasuk mahasiswa Indonesia untuk selalu mematuhi ketentuan dan protokol kesehatan, baik ketentuan Pemerintah Pusat Italia, pemerintah daerah dan universitas, agar semua tetap berada dalam keadaan baik dan sehat.

Baca juga : BRI Permudah Masyarakat Terima Bantuan BPUM Dari Pemerintah

George Lantu juga mengucapkan apresiasi atas bantuan, kerja sama dan koordinasi yang baik antara KBRI Roma dengan WNI dan PPI di Italia khususnya di Calabria pada awal penanganan pandemi Covid-19 hingga saat ini.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Calabria, Halimah Purnama Putri menyampaikan, para pelajar dan masyarakat Indonesia menyambut gembira kunjungan KBRI Roma ke selatan Italia.

"Kegiatan ini adalah momen yang sangat baik untuk menjalin keakraban dan silaturahmi antara masyarakat Indonesia di Calabria. Kami juga sangat berterima kasih atas pelayanan kekonsuleran yang diberikan KBRI Roma dan paket bantuan logistik di masa pandemi Covid-19,” ujar Halimah.

Dalam diskusi, para pelajar menyampaikan masukan terkait situasi dan kondisi di Calabria, permasalahan kekonsuleran hingga potensi kerja sama promosi sosial budaya Indonesia dan peningkatan hubungan antar masyarakat.

Ketua PPI Calabria Halimah Purnama Putri berterima kasih atas pelayanan kekonsuleran KBRI Roma. 
 
Kegiatan pembinaan masyarakat dan Warung Konsuler pada masa new normal ini dilakukan, mengingat terdapat kebutuhan dan permintaan WNI yang berdomisili di Calabria. 

Baca juga : Lawan Bosnia-Herzegovina Lagi, Timnas Indonesia U-19 Tak Ingin Kalah Lagi

Pelayanan kekonsuleran meliputi pengambilan data biometri untuk pembuatan dan perpanjangan paspor, lapor diri, pembuatan surat keterangan lahir dan surat keterangan lain. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol keselamatan Covid-19, antara lain pengukuran suhu tubuh, penggunaan masker dan hand sanitizer.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.