Dark/Light Mode

Inggris Siap Pasok 100 Juta Vaksin Buat Indonesia

Rabu, 14 Oktober 2020 21:32 WIB
Menlu Retno Marsudi (kiri), salam siku dengan rekan sejawatnya dari Inggris, Dominic Raab, dalam pertemuan bilateral di Lancaster House, London, Rabu (14/10). (Foto: Istimewa)
Menlu Retno Marsudi (kiri), salam siku dengan rekan sejawatnya dari Inggris, Dominic Raab, dalam pertemuan bilateral di Lancaster House, London, Rabu (14/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Inggris bakal mengirim 100 juta dosis vaksin Covid-19 untuk Indonesia. Hal itu terungkap usai Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab, di London, Inggris, Rabu (14/20).

"Inggris telah sepakat memasok vaksin sebanyak 100 juta dosis. Vaksin ini merupakan vaksin Covid-19 yang dikembangkan AstraZeneca," terang Retno.

Baca juga : Ke Inggris, Erick Tak Cuma Kejar Vaksin, Tapi Juga Bidik Kerja Sama

Selain bicara vaksin, pertemuan itu juga membahas mengenai kerja sama perdagangan. Retno menyebut, Inggris merupakan mitra strategis Indonesia sejak 2012. Inggris merupakan mitra dagang keempat terbesar bagi Indonesia dari negara-negara Eropa. Untuk perdagangan kayu, Inggris bahkan menjadi peringkat pertama.

"Ini merupakan pertemuan in person pertama setelah kita bertemu secara virtual dalam pertemuan luar negeri ASEAN dengan Menteri Luar Negeri Inggris pada September 2020 lalu," ujarnya.

Baca juga : Mendagri Sosialisasikan UU Cipta Kerja Ke Daerah

Selain itu, Inggris juga merupakan mitra investasi kedua terbesar dari Eropa. Retno mengatakan, ada kerja sama investasi antara perusahaan di Inggris untuk masuk ke Indonesia, antara lain di bidang renewable energy.

"Saya menyambut baik minat kuat dari beberapa investor Inggris di bidang renewable energy. Misalnya Aggreko yang merencanakan operasinya di Indonesia dari suplai gas dan diesel ke suplai solar," jelasnya. 

Baca juga : Airlangga : 30 Juta Dosis Vaksin Tiba Akhir Tahun Ini

Kemudian, Optical Marine Houver yang merencanakan membangun title turbin yang akan memproduksi energi 10 megawatt di wilayah Timur Indonesia, dan Nova Innovation yang rencana membangun off-grid title. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.